Pangkoarmada II Hadiri Acara Pengukuhan Pesud dan Helikopter Oleh Kasal

TNI AL. Koarmada II, 19 Januari 2023

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., bersama Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Dhira Hutabarat, menghadiri acara pengukuhan satu unit pesud CN 235-220 MPA, satu unit Helikopter Bell 505 Jet Ranger X dan tiga unit Pesud Piper Archer PA-28-181, yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., bertempat di Baseops Lanudal Juanda Sidoarjo, Kamis (19/1).

Pesud CN 235-220 MPA yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia merupakan pesawat ke-6 yang telah diterima oleh Puspenerbal. Saat ini, TNI AL telah memiliki enam pesud CN-235 MPA yang berada dibawah binaan Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 Puspenerbal. Pesud ini memiliki fungsi sebagai intai udara maritim dan pengamatan laut.

Untuk pesud Piper Archer PA-28-181, merupakan pesawat latih yang berada di bawah pembinaan Skuadron udara 200 Wing Udara 2, yang digunakan calon rajawali muda dalam menjalankan pelatihan terbang. Pesawat udara Piper Archer merupakan pesawat latih kedua yang dimiliki Skuadron Udara 200 Wing Udara 2 Puspenerbal.

Sementara itu, Helikopter Bell 505 Jet Ranger X (JRX) jenis helikopter yang dikembangkan oleh Bell Helikopter dan diproduksi oleh Bell Textron Kanada. Heli ini merupakan Helikopter generasi terbaru yang ekonomis dan efisien bahan bakar, sadar lingkungan, serta dilengkapi dengan rangkaian avionics  yang canggih.

Dengan pemenuhan  kebutuhan alutsista yang siap dioperasionalkan dan siap digelar sesuai kebutuhan operasi, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan TNI AL dalam mengawal samudera NKRI.

 

(Pen/2).