Koarmada II Gelar Apel Kesiapan Pasukan dan Perlengkapan PPKS

TNI AL. Koarmada II, 7 Desember 2022.

Dalam rangka kesiapan latihan Pencarian dan Penyelamatan Kapal Selam (PPKS) yang akan dilaksanakan di Pantai Pasir Putih Situbondo, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., yang diwakili oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Andi Abdul Aziz, S.H., M.M., memimpin apel kesiapan pasukan dan perlengkapan, di Dermaga Kapal Selam Koarmada II Ujung Surabaya, Rabu (7/12).

Apel gelar pasukan dan perlengkapan ini dilaksanakan untuk mengecek dan meyakinkan kesiapan seluruh personel dan material yang terlibat langsung dalam kegiatan latihan. Adapun sasaran yang ingin dicapai pada latihan PPKS ini yaitu untuk mengetahui tingkat kemampuan unsur-unsur Koarmada II dalam melaksanakan tugas PPKS terhadap kapal selam yang mengalami kedaruratan di laut/ hilang kontak, dan mampu menyusun rencana operasi serta prosedur PPKS, serta teruji dan terukurnya kemampuan personel kapal selam dalam melaksanakan penyelamatan diri.

Dalam amanat Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Kaskoarmada II menyampaikan bahwa apel ini merupakan bagian dari kegiatan latihan yang dilaksanakan sebelum dimulainya manuver lapangan, untuk itu kepada masing-masing bagian agar meyakinkan kembali kesiapan personel dan material masing-masing, sehingga pelaksanaan manuver lapangan nantinya berjalan baik. 

 

Latihan ini merupakan salah satu upaya agar profesionalisme prajurit tetap terjaga bahkan dapat terus ditingkatkan, dan manuver lapangan merupakan kesempatan para prajurit untuk mengaplikasikan doktrin-doktrin yang telah dipelajari pada tahap latposko dan TFG. 

Di akhir amanatnya, Pangkoarmada II juga menekankan agar semua unsur bertanggung jawab atas kesuksesan dan kelancaran latihan ini.

 

Hal ini merupakan perintah dari Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, agar meningkatkan kualitas dan kuantitas Latihan sebagai salah satu implementasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pengembangan SDM yang profesional dan material yang siap tempur agar siap dalam menghadapi ancaman.