Persiapan Latma Carat 2022, Koarmada II Gelar Latihan Parsial di Perairan Madura

TNI AL. Koarmada II Surabaya, 2 Desember 2022

Dalam rangka pelaksanaan Latma Carat 2022, Komando Armada II menggelar latihan parsial persiapan Carat 2022 dengan melibatkan KRI R.E. Martadinata-331, KRI Diponegoro-365, KRI Abdul Halim Perdakusuma-355 dan KRI Teluk Banten-516, bertempat di Perairan Madura, Jawa Timur. Rabu (30/11)

Adapun latihan parsial yang dilaksanakan yakni peran Helly dimana KRI Diponegoro-365 sebagai komandan peperangan anti kapal selam memerintahkan unsur yang terdiri dari KRI R.E. Martadinata-331, KRI AHP-355, KRI Teluk Banten-516 dan Helly Panther HS 1035 untuk melaksanakan pencarian serta penghancuran, disimulasikan satgas berhasil menemukan dan menghancurkan kapal selam musuh.

 

Kegiatan latihan parsial tersebut merupakan salah satu tahapan yang akan dilaksanakan sebelum menjalankan tugas atau latihan. Dimana tujuannya adalah untuk mengetahui kekurangan atau kelemahan yang ada, sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan latihan sesungguhnya agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Latma CARAT 2022 merupakan forum kerja sama militer antara TNI AL, US Navy dan US Marine Corps. Program latihan bilateral antar kedua negara ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prajurit TNI AL dan US Navy.

Kegiatan tersebut sesuai dengan perintah Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, selaras dengan perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono  untuk membangun SDM yang profesional melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat dan negara.

 

(Pen/2).