Koarmada II Tutup Pelatihan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara

TNI AL. Koarmada II. Surabaya 26 November 2022.

Inspektur Koarmada II (Irkoarmada II) Laksma TNI Eriyawan, mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, memimpin upacara Penutupan Pelatihan dan Pembinaan Kesadaran Bela Negara Karyawan PT PAL, bertempat di Lapangan Kolat Koarmada II Ujung Surabaya, Jumat (25/11).

Upacara penutupan latihan Bela Negara Karyawan PT PAL Indonesia Tahun 2022 ini, diikuti oleh 121 peserta terdiri dari peserta 39 Wanita dan 82 Pria. 

Dalam amanat Pangkoarmada II yang dibacakan oleh Irkoarmada II menyampaikan bahwa bela negara memiliki arti sebagai upaya warga negara dalam mempertahankan dan menghadapi serangan terhadap negara secara fisik, sedangkan upaya yang dilakukan dengan cara melalui pendidikan sosial budaya dan politik merupakan usaha dalam membela negara. 

“Latihan bela negara merupakan bagian dari upaya memperkuat wawasan nusantara, wawasan kemaritiman nasional dan memperkuat perspektif tentang pertahanan negara untuk mewujudkan kemanunggalan antara Tentara Nasional Indonesia dengan rakyat dalam komitmen untuk membela serta mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara,” ujarnya.  

Harapannya, para peserta sekalian harus memahami nilai-nilai dasar bela negara yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

(Pen2).