Selesai Melaksanakan Misi Diplomasi Duta Bangsa, KRI Bima Suci Tiba di Indonesia

Koarmada II. Surabaya, 18 Oktober 2022

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., memimpin upacara penyambutan kedatangan Kapal Latih TNI Angkatan Laut jenis Barque KRI Bima Suci yang telah melaksanakan pelayaran operasi diplomasi muhibah duta bangsa dalam rangka mendukung latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan Ke-69 tahun 2022, bertempat di Dermaga Madura, Ujung, Surabaya, Selasa (18/10).

 

Pelayaran yang membawa 208 orang terdiri dari 92 orang ABK, 102 orang Taruna AAL dan 14 orang staf latihan ini, telah menempuh perjalanan sejauh 11.122 Nm selama 91 hari, dengan rute pelayaran: Surabaya – Jakarta – Singapura – Sabah (Malaysia) – Tual – Townsville (Australia) – Sydney (Australia) – Cairns (Australia) – Darwin (Australia) – Bali – Surabaya.

Selama mengikuti misi diplomasi, KRI yang dibuat di Galangan Kapal Freire Shipyard Vigo Spanyol pada 2016 ini, telah melaksanakan berbagai kegiatan diantaranya Courtesy Call ke beberapa Pejabat dan Instansi Pemerintah setempat, Cocktail Party, melaksanakan program Ship Rider (Royal Australian Navy Cadet dan Officer Onboard), Kirab serta Display Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL.    

 

Dalam penjelasannya, Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., menyampaikan bahwa pelayaran ini dimaksudkan untuk membentuk karakter prajurit matra laut dan mental kejuangan para Taruna AAL sebagai calon perwira TNI Angkatan Laut yang bermoral, disiplin, profesional dan bertanggung jawab, sekaligus mampu menjadi duta negara dalam menjalankan peran diplomasi guna menambah wawasan tentang pergaulan internasional.

Pangkoarmada II mengharapkan agar setelah pelayaran KJK ini, para Taruna/Taruni AAL Angkatan ke-69 mampu menjelaskan peran, fungsi dan tanggung jawab sesuai korps masing-masing, mendapatkan pengalaman bersosialisasi dan mempelajari budaya masyarakat di luar negeri serta memiliki mental kejuangan sebagai calon perwira matra laut dalam kedinasan”, jelasnya.

 

Sebelumnya, Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat memimpin kegiatan Alih Bina Kal Bawean II-02 dari Koarmada II ke Akademi Angkatan Laut (AAL), bertempat di Ruang Rapat Pangkoarmada II. Kal Bawean II-02 yang masuk di jajaran Satuan Bantuan (Satban) Koarmada II pada 16 Juni 2016 ini, akan dialihbinakan menjadi Kal Kadet VIII-08 dan masuk di jajaran AAL.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Gubernur AAL, Kaskoarmada II, Danguspurla Koarmada II, Wakil Gubernur AAL, para Pejabat Utama Koarmada II, Seklem AAL, Komandan Resimen AAL, para Pejabat Utama AAL, para Komandan Satuan Koarmada II, serta Komandan KRI Bima Suci.

 

(Pen/2)