Pangkoarmada II Hadiri Pembacaan Memorandum dan Admiral Inspection Pangkoarmada RI

TNI AL. KoarmadaII, Surabaya 26 September 2022

Jelang pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) dari Laksdya TNI Abdul Rasyid Kacong, kepada Laksda TNI Heru Kusmanto, Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, menghadiri pembacaan memorandum Sertijab Pangkoarmada RI, dan Admiral inspection, Senin (26/9).

Pembacaan memorandum yang berlangsung di Gedung Nala Koarmada RI ini menjelaskan beberapa hal tentang pelaksanaan tugas yang telah, sedang dan akan dilaksanakan Koarmada RI, serta beberapa kegiatan yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari pejabat baru.

Usai pembacaan memorandum, selanjutnya Pangkoarmada RI bersama calon penggantinya Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto dengan menggunakan KAL Yudistira berlayar di sekitar Perairan Pangkalan Koarmada I, Pondok Dayung menggelar Admiral Inspection

Admiral Inspection merupakan salah satu tradisi di lingkungan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan guna memeriksa kesiapan unsur-unsur TNI AL untuk terakhir kalinya, sebelum tongkat estafet kepemimpinan diserahterimakan.

Selain itu, tradisi ini juga sebagai ajang salam pamitan bagi pejabat lama dengan para prajuritnya, sekaligus memperkenalkan pemimpin yang baru.

(Pen/2)