Siswa Dikmaba TNI AL Kejuruan Navigasi Kodiklatal Lattek Berlayar di KRI Surabaya-591

TNI AL. Koarmada II Surabaya, 27 Juli 2022

 

Sebanyak 35 siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 kejuruan Navigasi yang sedang menempuh pendidikan di Kodikopsla Kodiklatal melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) berlayar di KRI Surabaya-591 unsur Satfib Koarmada II. Adapun tujuan Lattek tersebut adalah untuk mengenalkan kepada para siswa mengenai tugas dan tanggung jawab Bintara Navigasi serta Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD) khas TNI AL, khususnya jaga darat dan jaga laut, Senin, (27/6/2022).

Ke-35 Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 kejuruan Navigasi terdiri 27 siswa pria dan 8 siswa wanita. Selama kegiatan Lattek di KRI Surabaya-591  para siswa ini juga didampingi 2 personel Pembimbing Siswa (Bingsis) dari Sekolah Navigasi dan Bahari (Senavbah) Kodikopsla Kodiklatal.

 

Komandan KRI Surabaya-591 Letkol Laut (P) Handoyo S.H., M.Si., M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa Lattek di KRI Surabaya-591 ini untuk mengenalkan kehidupan, tugas, serta tanggungjawab sebagai prajurit matra laut khususnya kejuruan Navigasi.”Walaupun pelaksanaan Lattek ini hanya beberapa hari, saya berharap dapat meningkatkan kemampuan dan memberikan rasa kebanggaan serta kecintaan siswa terhadap profesi yang akan dijalaninya setelah dilantik sebagai prajurit TNI AL.” terang Komandan KRI Surabaya-591.

Selama siswa Dikmaba mengikuti pelayaran, para prajurit KRI Surabaya-591 secara aktif memberikan materi pelajaran dan praktek. Materi yang diajarkan antara lain data teknis kapal, bagan organisasi kapal, tugas-tugas Bintara Navigasi, peralatan Navigasi, tata cara penggunaan peluit di kapal, pengenalan peta laut dan plotting serta cara menentukan halu kapal dan arah mata angin.

 

Dalam pelaksanaan Lattek berlayar ini sebagai penanggung jawab Lattek siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/2 kejuruan Navigasi adalah Letkol Laut (P) Eko Agus Susanto, S.E., M.M., yang sehari-hari menjabat Komandan Senavbah Kodikopsla Kodiklatal.

 

(Pen2)