KRI Teluk Banten-516 dan KRI Singa-651 BKO Guskamla Koarmada II Menggelar Latihan Bersama

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 27 Juni 2022.

 

Dalam pelaksanaan tugas operasi di Bawah Kendali Operasi (BKO) Guskamla (Gugus Keamanan Laut) Koarmada II, dua unsur KRI jajaran Koarmada II yaitu KRI Teluk Banten-516 dan KRI Singa-651 menggelar latihan bersama, bertempat di perairan Kotabaru Tanjung Pemancingan, Selat Makassar. Minggu, (27/6/2022).

Adapun latihan yang dilaksanakan yaitu latihan Flaghoist (Kibaran Isyarat Bendera) adalah sarana untuk memperdalam pengetahuan komunikasi dengan isyarat bendera, dalam latihan Flaghoist masing-masing KRI yang terlibat melakukan kirim dan terima berita dengan melakukan pengibaran bendera secara bergantian, dengan mengibarkan bendera isyarat dan yang lain mengartikan serta menjawab dengan kibaran bendera. Dengan latihan tersebut dengan sendirinya melatih pula koordinasi dan Interoperability antar unsur-unsur KRI.

 

Selanjutnya latihan Rasap (Replenishment at Sea Approach) yaitu latihan pengiriman logistik dari kapal ke kapal baik berupa barang, air tawar maupun bahan bakar.

 

Dalam pelaksanaan latihan ini ditinjau langsung oleh Danguskamla Koarmada II, Laksma TNI I G.P. Alit Jaya yang Onboard di KRI Teluk Banten-516.

Danguskamla Koarmada II menyampaikan bahwa pelaksanaan latihan ini digelar untuk mempertahankan dan meningkatkan profesionalisme serta naluri tempur prajurit dalam melaksanakan tugas operasi dan sebagai upaya menindaklanjuti perintah dari Pangkoarmada II, Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat, sekaligus sebagai implementasi dari program prioritas KASAL, Laksamana TNI Yudo Margono, di bidang pengembangan SDM TNI AL yang unggul dan profesional serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional.

 

(Pen2).