Tingkatkan Potensi Maritim di Makassar, Lantamal VI Maksimalkan Komsosmar

 

Makassar, Tingkatkan potensi maritim di Makassar, Lantamal VI maksimalkan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar) dengan memberikan pembekalan dan pemahaman selama dua hari tentang bela Negara bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang digelar Gazebo Area Jalaria Water Sport Lantamal VI, Senin (30/05/2022).

Pembekalan bela Negara disampaikan oleh Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI Makassar) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, SE., MM, CHRMP kepada 100 peserta kegiatan Komsosmar Lantamal VI T.A. 2022

Panitia Komsosmar Lantamal VI juga menghadirkan para narasumber dari Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ADPERTISI) Dr. Haeruddin, S.E., M.M. dengan materi peran pemuda pesisir menghadapi poros Maritim Dunia.

Dari BNNP Sulsel oleh Sudarianto Raddise dengan materi peredaran narkoba memlalui daerah pesisir pada generasi muda, Kepala Badan Kesbangpol Prov. Sulsel Dr. H. Asriady Sulaiman,S.IP., M,Si dengan materi peran serta pemuda dalam wilayah pertahanan serta dari Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia Dr. Ir. Abdul Rauf, M.Si dengan materi dampak sampah plastik terhadap biota laut.

Komandan Lantamal VI mengatakan latar belakang kegiatan Komsosmar adalah Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar yang memiliki keanekaragaman baik suku bangsa, agama, budidaya, adat istiadat maupun bahasa. Keanekaragaman tersebut oleh para pendahulu kita di ikat dengan semboyan Bhenika Tunggal Ika.

Lebih lanjut dikatakan , dihadapkan pada perkembangan lingkungan global, regional dan nasional serta persepsi ancaman yang paling mungkin terjadi, TNI harus melaksanakan penangkalan, pencegahan serta penindakan terhadap setiap bentuk ancaman dan gangguan yang membahayakan kelangsungan hidup bangsa.

Upaya tersebut antara lain melaksanakan pembinaan teritorial atau meningkatkan pembinaan potensi maritim untuk menciptakan kondisi Ruang, Alat dan Kondisi juang yang tangguh dalam rangka mendukung pemberdayaan wilayah pertahanan,pungkas Danlantamal VI.

Turut hadir dalam pembekalan tersebut, Aspotmar Danlantamal VI dan Ws. Kadispotmar Lantamal VI,