Lantamal VI Kawal Latihan Regional Marpolex Tahun 2022 Di Selat Makassar

 

Makassar, TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam hal ini Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) Makassar menurunkan unsur KAL Suluh Pari II-6-60 untuk mengawal kegiatan latihan Regional Marpolex Tahun 2022 di wilayah perairan Kota Makassar, Kamis (26/05/2022).

Kegiatan latihan Regional Marpolex Tahun 2022 ini melibatkan 3 Unsur Kapal Penjaga Laut dan Pantai (Sea and Coast Guard) yaitu dari Indonesian Coast Guard, Phillipine Coast Guard (PCG) dan Japan Coast Guard (JCG).

Menurut Komandan KAL Suluh Pari II-6-60 Kapten Laut (P) Sahiadam bahwa Kapal Perang yang dikomandani oleh dirinya ini ikut berpartisipasi dalam kegiatan Regional Marpolex tahun 2022 dalam hal pengawalan selama kegiatan berlangsung di wilayah Perairan Kota Makassar.

“Tugas kami di kegiatan Marpolex ini, selain untuk pengawalan, juga untuk mengamankan wilayah sekitar perairan Kota Makassar yang menjadi titik koordinat tempat latihan Search and Rescue (SAR) dan Fire Fighting serta upaya penanggulangan tumpahan minyak di laut yang melibatkan unsur perwakilan Coast Guard dari tiga negara yaitu Indonesia, Philipina dan Jepang”, ujar Komandan KAL Suluh Pari II-6-60 ini.

“Mengamankan dalam artian menetralisir wilayah perairan yang menjadi tempat selama kegiatan berlangsung dari unsur yang bukan peserta Regional Marpolex Tahun 2022 ini”, kata Kapten Laut Sahiadam.