Profesionalisme Prajurit KRI Arung Samudera Teruji Saat Menggunakan Alat Ini

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 16 Februari 2022

 

Tali Tros, adalah sebuah alat yang digunakan dengan cara dilempar ke arah personel yang telah menunggu di daratan, saat sebuah kapal hendak merapat di dermaga. Meski sederhana dan terlihat mudah,namun butuh prajurit yang handal dan profesional untuk melemparnya dengan tepat.

Untuk itulah KRI Arung Samudera, salah satu unsur Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II, melaksanakan latihan mingguan (Latming) dengan materi Lempar Tali Buangan. Latihan digelar di Dermaga A , Koarmada II Ujung, Surabaya pada Rabu (16/2).

Latihan diikuti oleh prajurit KRI Arung Samudera, dan beberapa prajurit dari tiap unsur lainnya di bawah jajaran Satban Koarmada II. Dalam melaksanakan latihan, para peserta dipimpin oleh Bama di bawah pengawasan Kadepbah dan Kadepops KRI Arung Samudera.

“Latihan (Lempar Tali Buangan) bertujuan untuk melatih para prajurit KRI agar handal dalam melempar tali buangan, yang gunanya untuk mengirimkan tali tros dan spring pada saat kapal akan merapat di dermaga, “ terang Komandan Satban Koarmada II, Kolonel Laut (P) Budi Santosa, di tempat terpisah.

Lebih lanjut Dansatban menambahkan jika Lempar Tali Buangan maupun latihan lainnya, adalah wujud dari instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto terkait upaya menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit pengawak KRI. Dimana instruksi tersebut sejalan dengan program prioritas Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono mengenai pembangunan sumber daya manusia TNI AL yang unggul.

 

(Pen2)