Pangkalan TNI AL Cilacap Buka Pelatihan Bididaya Sidat

Sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah dibidang perikanan, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos., membuka secara resmi Kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Keramba Jaring. Jum’at (05/11/2021)

Kegiatan yang berlangsung di Balai Desa Kutawaru Jl. Nusajaya No. 04 Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap ini, direncanakan berlangsung selama satu minggu, pelatihan ini hasil kerja sama Lanal Cilacap dengan Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap dan Warga Kutawaru.

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cilacap Ditiasa Pradipta, S.H., M.Si. dalam sambutannya dijelaskan bawa peluang pangsa pasar budidaya ikan sidat ini sangat besar dan bahkan pesananan dari luar negeri seperti Jepang masih kurang, dan sampai dengan saat ini pembudidaya di Cilacap masih kewalahan untuk memenuhi kebutuhan pasar walaupun dimasa pandemi Covid -19 seperti sekarang ini.

“Mudah mudahan dengan adanya pelatihan yang di prakarsai Lanal Cilacap bisa bermanfaat bagi kita semua dan kami dari Pemda siap membantu terkait dengan obat obatan dan pakan, tentunya di wadahi dalam suatu kelompok bukan perorangan, ” Jelasnya

Dikesempatan yang sama, Danlanal Cilacap dalam sambutannya dan sekaligus membuka pelatihan budidaya ikan sidat menyampaikan bahwa ketersediaan pangan merupakan hal penting dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, khususnya makanan sebagai kebutuhan manusia, apalagi melihat perkembangan masyarakat meningkat, kebutuhan akan kian meningkat.

“Berkaca di hal tersebut, Pemerintah telah mencanangkan program ketahanan dan Swasembada pangan dengan melibatkan seluruh komponen pemerintahan termasuk TNI, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Dinas Potensi Maritim melalui Lanal Cilacap sebagai salah satu unsur pelaksana TNI Angkatan Laut turut berperan aktif dalam mendukung program tersebut, “ungkap Danlanal Cilacap Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, S. Sos.,

Lebih lanjut Danlanal menyampaikan, Lanal Cilacap akan membagikan bantuan peralatan pendukung berupa Keramba, Bibit Ikan Sidat dan Pakan Ikan kepada warga masyarakat binaan sehingga dapat memberikan manfaat yang nyata, untuk meningkatkan kemandirian dan turut membantu pergerakan perputaran roda perekonomian masyarakat serta mensukseskan ketahanan pangan masyarakat.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh Dandenpom Lanal Cilacap Mayor Laut (PM) Wijaya, Paspotmar Lanal Cilacap Mayor Laut (PM) Eko Budi Santoso, Kepala Desa Kutawaru Slamet, A.Md. dan Masyarakat peserta latihan.