Kerahkan Satgas Dukungan Teritorial Lantamal V Ikuti Latopsduk TNI AL 2021

Dengan mengerahkan Satuan Tugas Dukungan Teritorial (Satgasdukter) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V ikutserta dalam Latihan Operasi Dukungaan TNI AL tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal), sejak 28 Oktober hingga 15 November mendatang.

Latihan yang dilaksanakan secara virtual ini, diikuti oleh jajaran Lantamal V dari Gedung Serbaguna Mako Lantamal V Surabaya. Bertindak selaku Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi, S.E.,M.Tr.Hanla yang merupakan Asisten Potensi Maritim Danlantamal V, serta Wadan Satgas Letkol Laut (P) Mahpudin Arsyadi Sacha, dimana sehari-hari menjabat sebagai Kepala Dinas Potensi Maritim Lantamal V.

Dalam Latopsduk TNI AL TA 2021 ini, TNI AL menyelenggaraan empat operasi Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) antara lain Satgasduk Hukum, Satgasduk Komlek, Satgasduk Kesehatan dan Satgasduk Teritorial. Lantamal V sendiri melibatkan 40 personel yang ada di jajarannya sebagai Satuan Tugas Dukungan Teritorial.

Dilaksanakannya latihan tersebut bertujuan untuk menguji kemampuan dan meningkatkan profesionalisme personel Potmar, serta terjalinnya dukungan teritorial TNI AL dalam rangka mendukung Operasi Gabungan TNI.

Adapun sasaran latihan adalah para peserta menguasai dan mahir dalam melaksanakan mekanisme Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada penyusunan Rencana Operasi (RO) tiap-tiap satuan tugas, serta terwujudnya pola pikir, pola tindak dan persepsi yang sama antar prajurit guna mendukung Operasi Gabungan TNI.