TNI AL LANAL LABUAN BAJO SERBU PULAU MESSAH DENGAN VAKSIN DOSIS KEDUA

Labuan Bajo — Dalam rangka mendukung program pemerintah satu juta vaksin setiap hari, Prajurit TNI AL Lanal Labuan Bajo mendukung kegiatan serbuan vaksinasi dosis kedua bagi masyarakat maritim yang ada di Pulau Messah, Desa Pasir Putih, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Jumat (24/09/2021).

Kegiatan serbuan vaksinasi yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Mabar dan sejumlah BUMN di Labuan Bajo dilaksanakan di atas Kapal Pelni KM. Gandha Nusantara 20 melibatkan tim vaksinator gabungan dari personel Lanal Labuan Bajo dan personel Puskesmas Labuan Bajo. Adapun masyarakat maritim di Pulau Messah Desa Pasir Putih yang mendaftar untuk mendapatkan vaksinasi sejumlah 380 orang.

Namun setelah melalui proses screening yang memenuhi syarat untuk vaksinasi dosis kedua sejumlah 375 orang. Kegiatan serbuan vaksinasi kali ini menggunakan vaksin jenis Sinovac yang bersumber dari Diskes Lantamal VII. Selama pelaksanaan serbuan vaksinasi berjalan aman dan lancar tanpa ada gejala KIPI.

Dalam kesempatan tersebut, Babinpotmar Lanal Labuan Bajo bersama sejumlah anggota TNI AL lainnya melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat melakukan vaksinasi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan juga diarahkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan selama mengikuti kegiatan dengan memakai masker dan menjaga jarak serta mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan.

 

Danlanal Labuan Bajo Letkol Laut (P) Roni, ST., M.Tr.Hanla., dalam kesempatan menyampaikan bahwa serbuan vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Staf TNI AL (Kasal) agar setiap satuan TNI AL yang ada di wilayah mendukung program pemerintah dalam upaya mencegah dan mengatasi penyebaran wabah covid-19 dengan sarana dan prasarana yang dimilikinya untuk pemulihan ekonomi nasional. “Kita berkerjasama dengan PT Pelni dan Puskesmas Labuan Bajo sebagai wujud sinergitas untuk memvaksin dosis kedua masyarakat maritim Pulau Messah”, tambah Danlanal Labuan Bajo.

 

By. Dispen Lantamal VII.