CEGAH PENYAKIT DBD, DISKES LANTAMAL VII FOGGING KAL WELING II-7-15

Lantamal VII – Dalam rangka mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di lingkungan KRI dan KAL jajaran Satrol Lantamal VII, Personel Diskes Lantamal VII melaksanakan kegiatan Fogging di KAL Weling II-7-15 yang sedang sandar di Dermaga Mako Lantamal VII, Jalan Supul Raya, Bolok, Kab. Kupang, NTT. Jumat (17/09/2021).

Meski saat ini masih dimasa pandemi virus corona atau covid 19 yang belum pasti kapan berakhirnya, bukan berarti kita mengesampingkan penyakit lain yang juga berbahaya seperti DBD atau Demam Berdarah Dengue. Oleh karena itu, Personel Diskes Lantamal VII yang dipimpin oleh Kapten Laut (K) Galih melaksanakan kegiatan fogging/pengasapan dengan menyisir setiap bagian ruangan-ruangan di KAL Weling II-7-15 yang sedang sandar di Dermaga Mako Lantamal VII untuk mencegah secara dini dampak yang dapat ditimbulkan penyakit demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Menurut Komandan KAL Weling II-7-15 Mayor Laut (P) Sugeng Trisnanto, kegiatan Fogging ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dini dan meminimalisir penyebaran penyakit DBD yang sewaktu-waktu dapat mengancam kesehatan prajurit KAL Weling II-7-15.

Terpisah, Kadiskes Lantamal VII Letkol Laut (K) M. Haris Bennu, A.M.Ft, S.K.M., M.Kes., menyampaikan bahwa fogging merupakan salah satu cara yang masih dinilai efektif untuk membunuh nyamuk aedes agypti dewasa. Tujuannya adalah untuk membunuh sebagian besar nyamuk yang infektif dengan cepat. Di samping memutus rantai penularan, juga menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun.

Kegiatan fogging ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) dalam kutipan jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

 

By. Dispen Lantamal VII