Profesionalitas Terasah, Dua KRI Jajaran Koarmada II Latihan Bersama Di Laut Jawa

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 4 September 2021

Dua Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) jajaran Koarmada II yakni KRI dr.Soeharso-990 dari Satuan Kapal Bantu (Satban), dan KRI Hasan Basri-382 dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor), mengadakan latihan bersama saat keduanya selesai melaksanakan Peran Pemanduan di perairan Laut Jawa , Jumat (3/9).

Baik KRI SHS-990 maupun KRI HBS-382 saat ini mendapat tugas mulia dalam menajga perairan NKRI. Di Bawah Komando Operasi (BKO) Koarmada III, KRI SHS-990 dipercaya melaksanakan Operasi Cendrawasih Jaya dalam rangka Serbuan Vaksin di Jayapura dan mendukung persiapan pelaksanaan PON 2021. Sedangkan KRI HBS-382 melaksanakan Operasi Aman Sagara-21 Pengamanan ALKI III.

Memanfaatkan kesempatan leaving harbor bersama-sama, Komandan KRI SHS-990 Letkol Laut (P) Choirul Arif, S.E. dan Komandan KRI HBS-382, Letkol Laut (P) Agung Maulana, S.T. sepakat untuk melaksanakan serangkaian latihan bersama setelah keduanya selesai melaksanakan Peran Pemanduan di sekitar perairan Laut Jawa.

“Latihan bersama ini bertujuan mengasah profesionalitas juga naluri tempur para prajurit. Rangkaian latihan yang dilaksanakan meliputi latihan pengendalian kapal melalui RAS Approach, MIOEX Hailing Procedure Exercise, Flaghoist Exercise, Semaphore Exercise, Flashex dan DCEX. Yang merupakan latihan yang dapat melibatkan seluruh korps prajurit di kapal, “ terang Komandan KRI SHS-990.

Demikian halnya dengan Komandan KRI HBS-382 yang menambahkan bahwa KRI merupakan suatu sistem yang saling terkait satu sama lain, sehingga seluruhnya harus terlatih dan bekerja sama dengan baik untuk menghindari hanya prajurit bagian tertentu saja yang profesional, yang dapat mengakibatkan sistem tidak berjalan optimal.

“Profesionalitas prajurit yang terjaga merupakan perintah Pangkoarmada II, Laksamana Muda Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han) kepada seluruh Kasatker dan Komandan KRI di jajaran Koarmada II yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. di Bidang Pembangunan SDM TNI AL yang unggul, “ tambah Komandan KRI HBS-382.

(Pen2)