Inisiasi Pembentukan Service To Service Forum Antar Angkatan Laut, TNI AL dan TLDM Adakan Staff Meeting

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 30 Agustus 2021

TNI AL dan Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM) melaksanakan pertemuan staff meeting talk untuk merencanakan kegiatan kerja sama secara terjadwal, guna meningkatkan dan mempererat kerja sama antar kedua Angkatan Laut.

Pertemuan yang digelar di Hotel Four Point, Surabaya pada Jumat (27/8) tersebut, Ketua Delegasi TNI AL dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Bambang Darmawan yang menjabat sebagai Paban V Straops dan Diplomasi Sopsal yang beranggotakan perwira-perwira yang mewakili bidang Latihan, Dukungan Operasi, Pendidikan, Intelijen, dan perwira dari Staf Operasi Koarmada II. Sedangkan dari pihak TLDM dipimpin oleh Commander Noor Izam, Atase Angkatan Laut Malaysia untuk Indonesia dan didampingi oleh LCDR Amin, Liaison Officer TLDM untuk Indonesia di Medan.

“Maksud dan tujuan Staff Meeting Talk antara TNI AL dan TLDM adalah untuk menginisiasi forum NTNT (Navy To Navy Talk), sebagai wadah resmi dalam merencanakan kegiatan kerja sama secara terjadwal. Ada beberapa peluang materi yang dapat diajukan dalam frame NTNT yaitu bidang latihan, pendidikan, senior officer exchange, senior interaction program, Sharing Informasi, dan pertukaran kadet saat praktek berlayar,” ujar Kolonel Bambang.

Bambang menambahkan jika Forum NTNT ini tidak akan mengurangi Kerjasama bidang operasi dan latihan yang sudah ada antar kedua negara yang berada dibawah Mabes TNI. Kedua belah pihak sepakat untuk mengajukan laporan ke pimpinan, membuat Term of Reference (ToR) dengan tujuan utama yaitu mempererat hubungan kedua Negara dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

Ditempat berbeda, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr. (Han) mengatakan bahwa Koarmada II sebagai Kotama Binops yang memiliki wilayah kerja berbatasan langsung dengan Malaysia, akan siap mendukung kebijakan-kebijakan pimpinan TNI AL dalam mempererat kerjasama dua belah pihak. Saat ini, Koarmada II dan Malaysia bekerjasama dalam wadah Trilateral Cooperative Arrangement (TCA) IndoMalPhi dalam pengamanan bersama Area of Maritime Interest (AMI) di Laut Sulu.

(Pen2)