LANTAMAL VIII PERINGATI HUT KE-75 JALASENASTRI

 

Manado 27 Agustus 2021,… Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA didampingi Ketua Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Tirta I Wayan Ariwijaya menghadiri peringatan HUT Ke-75 Jalasenastri di Gedung Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal VIII, Jl. Yos Sudarso No.1 Kairagi Weru, Paal Dua Manado. Jumat (27/08).

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. yang dibacakan Danlantamal VIII menjelaskan bahwa latar belakang terbentuknya Jalasenastri pada masa perjuangan kemerdekaan adalah atas dasar rasa senasib sepenanggungan dan seperjuangan di kalangan para istri anggota Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) pada saat itu, untuk membantu perjuangan suami yang berada di garis depan, serta memelihara dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

 

Lebih lanjut Kasal menyampaikan dalam situasi seperti saat ini, keterlibatan dan peran aktif jalasenastri yang beranggotakan istri prajurit matra laut dan sebagai seorang ibu dalam sebuah keluarga sangat dibutuhkan. “Sehingga sangat tepat kiranya pada peringatan HUT ke-75 Jalasenastri tahun ini mengambil tema: “Jalasenastri berperan serta mewujudkan keluarga yang tangguh, produktif, dan inovatif di masa pandemi covid-19 menuju Indonesia maju”, ujar Kasal.

 

Mengakhiri sambutannya, Kasal berharap Jalasenastri dapat mendukung suami dalam pengabdiannya kepada negara, mewujudkan suasana kekeluargaan diantara anggota Jalasenastri, dan dapat meningkatkan kualitas anggotanya, serta untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga anggotanya.

Sementara itu sambutan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono yang dibacakan Ketua Korcab VIII menyampaikan kiprah Jalasenastri dalam perjalanan panjang pengabdiannya sebagai organisasi istri prajurit TNI AL. 

 

Ketua PP Jalasenastri juga memberikan pesan kepada ibu-ibu Jalasenastri di seluruh penjuru tanah air diantaranya agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjaga kehormatan diri, keluarga dan organisasi. Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan untuk menyempurnakan peran ibu-ibu baik sebagai ibu rumah tangga maupun dalam mendampingi suami dalam berdinas. Ny. Vero juga mengingatkan agar ibu-ibu Jalasenastri agar menghindari gaya hidup hedonis dan konsumtif, serta meningkatkan pola hidup bersih dan sehat dengan selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam pandemi covid-19 yang belum usai.

Peringatan HUT Ke-75 Jalasenastri Tahun 2021 di Lantamal VIII kali ini dilaksanakan dengan sederhana, undangan terbatas dan tetap mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemic covid-19. Sebagai rasa syukur dilaksanakan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun yang dilakukan Ketua Korcab VIII DJA II didampingi Danlantamal VIII sebagai Pembina Korcab VIII DJA II yang selanjutnya diserahkan kepada anggota Jalasenastri termuda Ny. Nababan. Tim Kolintang Korcab VIII juga turut tampil memukau dihadapan tamu undangan dengan membawakan beberapa lagu nasional dan daerah.

Hadir pada kegiatan tersebut Wadan Lantamal VIII, Para Asisten Danlantamal VIII, Kakuwil Lantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Pengurus Yayasan HangTuah, Para Ketua Cabang jajaran Korcab VIII DJA II dan Pengurus Korcab VIII DJA II.