TNI AL LANAL MATARAM GELAR VAKSINASI SASAR NELAYAN YANG PULANG MELAUT DI PANTAI PANDANAN

Lanal Mataram — TNI AL kembali gelar serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim, kali ini Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram menggelar serbuan vaksinasi dengan menyasar  nelayan yang pulang melaut di Pantai Pandanan Dusun Pandanan Desa Malaka, Kec. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Minggu (22/08/2021).

Serbuan vaksinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mempercepat vaksinasi Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat maritim yang menjadi prioritas utama sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H yang memimpin langsung vaksinasi tersebut mengatakan “Lanal Mataram menggelar vaksinasi difokuskan kepada nelayan yang baru pulang melaut. Kami sengaja mengadakan vaksinasi dengan jemput bola atau mendatangi nelayan dan warga pesisir pantai pandanan karena mereka juga merupakan ujung tombak dalam memenuhi kebutuhan bidang pangan di masyarakat.”

“Untuk itu kesehatan para nelayan dan warga pesisir merupakan hal yang perlu dilaksakan dan ada beberapa warga nelayan belum mendapat vaksinasi dikarenakan lokasi tempat tinggal yang relatif jauh dari layanan penyedia vaksin, sehingga Lanal Mataram berinisiatif hadir langsung di tengah-tengah masyarakat nelayan dan pesisir,” tutur Danlanal Mataram.

Pada serbuan vaksinasi ini mendapat respon dan tanggapan yang cukup antusias dari para nelayan dan warga pesisir dengan berbondong-bondong menuju ke lokasi serbuan vaksinasi Lanal Mataram. Jumlah warga yang divaksin pada hari ini mencapai lebih dari 200 orang.

Danlanal Mataram juga menghimbau kepada nelayan agar tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 dengan melaksanakan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas yang tidak perlu) untuk menghindari terpapar Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi kepada nelayan yang baru pulang melaut tersebut dilakukan oleh tim Vaksinator dari Balai Kesehatan (BK) Lanal Mataram sejumlah 9 orang, dan ditinjau langsung oleh Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun S. H.

Turut hadir dalam kegiatan PjS. Palaksa Lanal Mataram, Pasminlog Lanal Mataram, Pasops Lanal Mataram, PjS. Paspotmar Lanal Mataram, Danposal Gili Air, Tim Kesehatan BK Lanal Mataram dan Babinpotmar Lanal Mataram.

 

/ Dispen Lantamal VII