Danlantamal VI Bicara Tanggung Jawab Pengawasan Sumber Daya Pesisir dan Laut di Teluk Bone Kepada 134 Peserta Webinar FGD

Makassar, Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI Makassar) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP, menjadi salah satu narasumber di acara Webinar Focus Group Discussion (FGD) dengan Tema “Pesisir dan Laut Terjaga Masyarakat Tangguh dan Berjaya”. dengan Sub Tema “Mengelola Potensi Sumber Daya Mangrove dan Terumbu Karang Malili secara Mandiri dan Berkelanjutan” bertempat di Hotel Best Western. Jl. Boto Lempangan No. 67 Makassar, Rabu ,(18/08/2021)

Pada webinar FGD tersebut, Danlantamal VI membawakan materi berjudul Tanggung Jawab Pengawasan Sumber Daya Pesisir dan Laut di Teluk Bone. Secara online Danlantamal VI memberikan gambaran peran, tugas dan tanggung jawab Lantamal VI dalam pengawasan dan pengendalian sumber daya pesisir dan laut.

Dalam paparannya, Danlantamal VI menyampaikan Tugas pokok TNI menurut Undang Undang no. 34 tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara , mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan republik indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara

Sedangkan tugas Lantamal VI adalah menyelenggarakan dukungan administrasi dan logistik unsur TNI AL, melaksanakan patroli terbatas serta melaksanakan pembinaan potensi Maritim dan menjaga kedaulatan yuridiksi Nasional di wilayah perairan Lantamal VI, ujar jenderal bintang satu ini

Lebih lanjut dikatakan , merespon dinamika lingkungan strategis dan melaksanakan pengawasan wilayah pesisir dan laut di wilayah Teluk Bone , Lantamal VI Makassar telah mengelar kekuatan unsur yakni satu KRI, satu KAL dan Patkamla serta Pos TNI AL (Posal Bulukumba, Posal Sinjai dan Posal Malili) di wilayah Teluk Bone.

Lantamal VI juga melaksanakan Patroli Keamanan Laut terbatas berdasarkan tingkatan kerawanan perairan serta melaksanakan pembinaan potensi maritim di pesisir dan Laut sekitar teluk Bone, pungkas Danlantamal VI.

Sebelumnya acara Webinar FGD dimulai, terlebih dulu didahului dengan Opening Speech oleh Direktur External Relations dan Corporate Affairs PT. Vale Indonesia Bpk. Endra Kusuma, Sambutan Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman, M. Pd sekaligus membuka webinar.

Adapun para Narasumber yang ikut dalam webinar FGD tersebut adalah Kebid Pengelolaan & penataan ruang laut Sulsel H. Suhartono Nurdin, S.Pi, M.P,Ph.d, Anggota kelompok Pakar DPRD Suksel Ir. Bachrianto Bachtiar, M. Si., Environmental Technical Advisory Blue Forest Yusran Nurdin Massa., Sekertaris Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP Sulsel. Dr. Hendra Yusran Siry, M. Sc. Dan Community Facilitator Wakatobi. Sunarwan Asuhadi.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut Asops Danlantamal VI , Komandan Satrol Lantamal VI serta 134 peserta Webinar FGD secara online