Force Integration Training Antara Unsur Koarmada II Dan Unsur Satlinlamil Di Karang Unarang

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 16 Agustus 2021

Sebagai upaya meningkatkan profesionalisme sesuai dengan bidang tugas masing-masing, dua unsur Koarmada II di bawah kendali operasi Guspurla Koarmada II yaitu KRI I Gusti Ngurah Rai(GNR) -332, dan KRI Singa-651 melaksanakan Force Integration Training atau latihan bersama terintegrasi dengan unsur Satuan Lintas Laut (Satlinlamil) Surabaya yakni KRI Teluk Youtefa-522.

Latihan yang digelar pada Kamis (12/8) di perairan Karang Unarang perbatasan Indonesia- Malaysia ini, berada dibawah komando Komandan Gugus tempur laut Koarmada II Laksma TNI Hersan , S.H., M.S.i yang on board di KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Menurutnya latihan tersebut guna melatih dan meningkatkan profesional prajurit serta kerjasama taktis antar unsur dan satuan yang sedang melaksanakan operasi. “Tahapan Kegiatan dan Materi latihan yang dilaksanakan meliputi Briefing/Koordinasi antar unsur, Radio Check, Flag Hoist, Tacman / Manuvra Taktis, Ras Approach, ASW Procedure Simulation dan diakhiri dengan Sail Pass (Salute Formation)”, jelas Laksma Hersan.

Dirinya menambahkan jika di sisi lain latihan bersama ini merupakan implementasi dari perintah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) terkait upaya peningkatan profesionalisme prajurit sesuai dengan bidang tugas masing-masing. “Latihan ini demi mewujudkan Koarmada II sebagai Center Of Gravity TNI AL. Yang artinya Koarmada II menjadi tolok ukur kekuatan dan performa TNI Angkatan Laut,” pungkasnya.

(Pen2)