PERSONEL LANAL LABUAN BAJO IKUTI APEL GABUNGAN PEMUSATAN KARANTINA MANDIRI PASIEN COVID-19 LABUAN BAJO

Lanal Labuan Bajo – Personel Pangkalan TNI AL Labuan Bajo mengikuti apel gabungan pergeseran pasien positif Covid-19 dari Karantina Mandiri ke Karantina Terpusat Labuan Bajo. Apel gabungan ini bertempat di Koramil 1612-02/Komodo, Jl. Soekarno Hatta Kel. Labuan Bajo Kec. Komodo Kab. Manggarai Barat. Sabtu (14/08/2021).

Apel gabungan tersebut dalam rangka proses Evakuasi pasien yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil Tracing UPTD Puskesmas Labuan Bajo. Pasien yang terkonfirmasi positif akan di evakuasi dari UPTD Puskesmas Labuan Bajo menuju Tempat Karantina Terpusat Kab. Manggarai Barat tepatnya di Gedung Olah Raga (GOR) Labuan Bajo.

Sebelum pelaksanaan Evakuasi tersebut, Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa S. Sos., menyampaikan beberapa penekanan diantaranya yakni “Kedepan kita akan melaksanakan tracing secara bersama-sama untuk membantu pemerintah dalam mengidentifikasi siapa-siapa masyarakat ataupun warga yang melaksanakan kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif.

“Saya mengharapkan kepada rekan-rekan semua didalam pelaksanaan tugas kita dilapangan yang berhadapan langsung dengan masyarakat jangan menggunakan kekerasan dan lakukan tindakan dengan Humanis,” tegas Dandim 1612/Manggarai.

 

“Tingkatkan kordinasi yang baik antara Babinsa, Babhinkamtibmas, Puskesmas, dan Apotik serta Klinik Swasta dalam melaksanakan proses 3T yang terdiri dari pemeriksaan/tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien Covid-19 (treatment), saya ingatkan juga setiap persenel gabungan dalam melaksanakan tugas tersebut agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” tutup Dandim.

Turut hadir pada Apel Gabungan tersebut yakni Dandim 1612/Manggarai Letkol Kav Ivan Alfa S. Sos, Danramil 1612-02/Komodo Kapten Inf I Nyoman Sukada, dengan susunan pasukan yang terdiri dari Personel Koramil 1612-02/Komodo, Personel Lanal Labuan Bajo, Pesonel Polres Manggarai Barat, BNPB 3 orang, Pol. PP Kec. Komodo 4 orang, Staf Puskesmas Labuan Bajo serta Pegawai Klinik swasta Omsa Medica.

 

/ Dispen Lantamal VII