Pasca Serbuan Vaksin Ke Posal Miangas, Lanal Melonguane Diserbu Masyarakat Maritim

 

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 12 Agustus 2021.

Tak lama setelah masyarakat Miangas secara beramai-ramai mendatangi Pos Pengamat TNI AL (Posal) Miangas untuk vaksinasi tahap kedua, pada Selasa (10/08) masyarakat maritim dari berbagai daerah di Kabupaten Kepulauan Talaud mendatangi Balai Pengobatan Lanal Melonguane untuk melaksanakan vaksinasi tahap kedua. Selasa (10/08).

Meskipun tenaga kesehatan (Nakes) yang dimiliki oleh Lanal Melonguane sangat terbatas, namun dengan dibantu oleh personel lainnya yang non nakes, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua bagi masyarakat maritim di wilayah perbatasan di beranda Utara NKRI tersebut dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar.

Berkaitan dengan kegiatan serbuan vaksinasi yang kembali digelar oleh Lanal Melonguane kali ini, Letkol Marinir Adi Sucipto,S.T.,M.Tr.Hanla selaku Komandan Lanal Melonguane kembali mengapresiasi masyarakat Talaud yang telah memiliki kesadaran yang tinggi untuk mengikuti program vaksinasi bahkan pada tahap yang kedua ini.

“Animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi, hal tersebut terlihat dari cukup banyaknya masyarakat yang menghubungi Lanal Melonguane untuk menanyakan kapan ada kegiatan vaksinasi lagi di Lanal, banyak juga yang menanyakan kapan vaksinasi kedua dilaksanakan. Hal tersebut membuat saya senang, karena hal tersebut menjadi salah satu indikator bahwa kesadaran masyarakat sudah tinggi dan juga keberadaan kami di lingkungan masyarakat perbatasan dibutuhkan dan bermanfaat”, Danlanal Melonguane menjelaskan.

Selain itu, Danlanal Melonguane juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Letda Laut (K) dr. Fahmi Henggar P. selaku Pgs Balai Pengobatan (BP) Lanal Melonguane dan anggotanya yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi saya yang tinggi kepada seluruh prajurit saya, terutama yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan. Jumlah mereka sangat-sangat terbatas, namun sampai detik ini mereka terus selalu semangat dalam menjalankan tugas kemanusiaan ini. Saya juga bangga dengan seluruh anggota saya yang selalu kompak, solid dan bersemangat dalam menjalankan semua tugas. Mari kita jadikan semua kegiatan kita ini sebagai sarana menunaikan kewajiban kita kepada dinas, bangsa dan negara serta kita jadikan daerah penugasan di perbatasan ini sebagai ladang amal bhakti kita kepada Tuhan YME”, ujarnya menambahkan.

Mengakhiri pernyataannya, Danlanal Melonguane kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud untuk mendukung semua program pemerintah untuk mencegah, mitigasi dan menanggulangi dampak penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah perbatasan di beranda Utara NKRI ini.

“Satu setengah tahun lebih kita sudah bersama-sama menghadapi dan melakukan berbagai upaya dalam rangka memerangi pandemi Covid-19 ini, untuk itu jangan lelah untuk rapatkan barisan, pantang menyerah, tingkatkan sinergi antar semua instansi, tingkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat dan jangan lupa mari kita bersama-sama berdoa secara khusuk sesuai dengan agama dan keyakinan kita masing-masing agar Tuhan YME senantiasa melindungi, memberikan kekuatan dan keselamatan kepada kita semua dalam menghadapi ancaman Covid-19 ini serta agar ancaman pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Tanda’su Laudu Sawanna, Benteng Kokoh di Perairan Nusa Utara, Jasesveva Jayamahe”, pungkasnya.

(Pen2).