LANAL LABUAN BAJO GELAR DONOR DARAH WUJUD TNI AL PEDULI DI MASA PANDEMI COVID-19

Lanal Labuan Bajo — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo menggelar donor darah wujud TNI AL peduli di Lapangan Apel Markas Komando (Mako) Lanal Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Kamis (12/8/2021).

 

Pelaksanaan donor darah digelar sehari mulai pukul 10.00 WITA, berkat kerja sama Lanal Labuan Bajo dan PMI Manggarai Barat. Budi menargetkan 40 kantong darah terkumpul dalam kegiatan tersebut. Partisipan kegiatan berasal dari personel TNI, Polri, Masyarakat Maritim, dan Jurnalis, serta petugas donor darah berasal dari RSUD Komodo dan PMI Manggarai Barat.

“Kegiatan donor darah ini serentak dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk Lanal Labuan Bajo. Kegiatan ini wujud dari TNI AL Peduli,” kata Komandan Lanal  Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto.

“Acara ini merupakan kegiatan donor darah reguler. Adapun donor plasma konvalesen belum bisa dilakukan, karena alat di Labuan Bajo tak tersedia,” tambah Danlanal.

Pentingnya mendonorkan darah untuk memenuhi kebutuhan darah masyarakat. Baginya, darah tidak memiliki pengganti. Oleh karena itu, donor darah merupakan kegiatan sosial yang harus dilakukan untuk membantu sesama yang membutuhkan. “Kami ajak masyarakat untuk donor darah, bantu sesama warga yang membutuhkan darah,” lanjut Danlanal.

Kegiatan donor plasma konvanselen dan donor darah yang dilaksanakan secara serentak ini sejalan dengan perintah harian Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam kutipan ”Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara. Jadilah contoh dan teladan dalam upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru di lingkungan TNI AL”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Komandan Lanal Labuan Bajo, Dokter PMI Manggarai Barat dr. Febrina S Rovani, Sp.PK, Perwakilan Personel dari Brimob kompi 4 Batalyon B dan Polres Manggarai Barat, Perwakilan dari Pelni Labuan Bajo, Basarnas Manggarai Barat, Syahbandar Labuan Bajo, Prajurti Koramil 1612-02/Labuan Bajo dan Jalasenastri Lanal Labuan Bajo.

/ Dispen Lantamal VII