TNI AL GELAR VAKSINASI DOSIS KEDUA DI MONUMEN TRIKORA BITUNG

Manado 10 Agustus 2021,… TNI AL tuntaskan pencegahan penularan virus Covid-19, dengan menggelar vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Kali ini Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menggelar serbuan vaksinasi masyarakat maritim di Monumen Trikora, Pulau Lembeh, Bitung. Selasa (10/8).

 

Serbuan vaksinasi dosis kedua di Pulau Lembeh tersebut dipantau langsung Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA bersama Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, S.E., beserta Forkompimda Kota Bitung.

 

Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. Wahyu Slamet Bitung pada serbuan vaksinasi tersebut menurunkan dua dokter umum dan puluhan tenaga kesehatan dibantu pengamanan dari Prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan VIII Bitung. Pada serbuan vaksin tersebut Lantamal VIII menargetkan 500 dosis dengan jenis vaksin Zinovac.

Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya S.E., CFrA., pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M., sekaligus mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan vaksinasi di seluruh provinsi.

 

“Kami hadir bersama Walikota Bitung beserta jajarannya dalam rangka mempercepat program vaksinasi sesuai dengan program pemerintah, khususnya masyarakat yang berada di desa-desa pesisir yang utamanya adalah masyarakat nelayan”, tutur Danlantamal VIII.

Danlantamal VIII menambahkan bahwa dipilihnya Monumen Trikora sebagai tempat serbuan vaksinasi TNI AL di Pulau Lembeh karena merupakan tempat bersejarah dan menjadi destinasi wisata di kota Bitung.

 

Danlantamal VIII berharap dengan dilaksanakannya vaksin dosis ke dua ini masyarakat akan sehat dan terhindar dari Covid-19. Meskipun sudah divaksin masyarakat harus selalu mematuhi protokol kesehatan dan disipilin menjaga kesehatan meskipun diawasi atau tidak diawasi dimanapun berada, ujar Danlantamal VIII.

Sementara itu Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Danlantamal VIII beserta jajaran yang telah menggelar kegiatan ini. Vaksinasi dosis kedua yang diselenggarakan Lantamal VIII sangat membantu program vaksinasi terutama pada tahap kedua yang saat ini masih 12%. Ia berharap dengan vaksinasi di Pulau Lembeh ini, masyarakat akan lebih sehat dan perekonomian menjadi bergairah dan meningkat.

 

Menurut Walikota bahwa sinergitas TNI AL dalam hal ini Lantamal VIII dengan Pemkot Bitung Walikota sudah sering dilaksanakan bahkan sejak dulu Kota Bitung seperti wilayahnya TNI AL Jadi secara prinsip apa yang dilakukan TNI AL sudah maksimal. Pemkot Bitung malah menunggu kegiatan lain yang akan dikerjasmakan, karena semua yang dilakukan TNI AL sangat  bermanfaat bagi kami, pungkas Walikota Bitung.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asrena, Asops dan Aslog Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Karumkital dr Wahyu Slamet, Danyonmarhanlan VIII Bitung, Kafasharkan dan Kadissyahal Lantamal VIII.