JELANG HUT KEMERDEKAAN LANAL MELONGUANE GELAR LOMBA CATUR DI DASAR LAUT

Melonguane 6 Agustus 2021… Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia, Komandan Lanal (Danlanal) Melonguane Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla menggelar berbagai perlombaan diantaranya bulutangkis dan sepak takraw yang digelar beberapa hari lalu dan pertandingan catur di dasar laut yang diselenggarakan pada hari ini Jumat 6 Agustus 2021.

 

Berbagai pertandingan yang diselenggarakan kali ini hanya diikuti oleh para prajurit Lanal Melonguane dan tidak dibuka untuk umum. Beberapa pertimbangan Danlanal Melonguane mengenai hal tersebut antara lain adalah karena saat ini pandemi Covid-19 belum juga berakhir dimana Kabupaten Kepulauan Talaud terdapat cukup banyak kasus positif Covid-19 (zona oranye) dan juga guna menjaga kebugaran fisik dan mental para prajuritnya agar tetap sehat setelah secara rutin melaksanakan berbagai kegiatan pencegahan, mitigasi dan juga penanggulangan dampak Covid-19 di wilayah perbatasan.

“Olahraga sepak takraw dan badminton adalah olahraga yang sangat baik untuk menjaga kelincahan dan juga reflek untuk tangan dan kaki, kalau pertandingan olahraga catur di dasar laut itu bertujuan untuk menguji seberapa baik cara berfikir taktis anggota saya saat di tempat yang bukan habitat alaminya (di dalam air). Tantangannya pasti lebih sulit, dikarenakan yang mampu mengikuti lomba ini hanya bagi yang memiliki minimal dua kemampuan yaitu kemampuan menyelam dan juga bisa bermain catur,” Ujar Danlanal Melonguane.

 

Wabah Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan selesainya, menjadikan prajurit Lanal Melonguane harus terus menjaga dan mempersiapkan diri agar selalu sehat jiwa dan raga karena keberadaannya pasti akan terus dibutuhkan. Satu hal lagi yang terpenting di masa pandemi Covid-19 ini adalah jangan sampai mematikan atau menurunkan semangat dan kreativitas.

 

Apabila kita mampu melalui masa-masa sulit ini dengan terus berkreativitas dan pantang menyerah, pasti nantinya kita tidak akan terpuruk nanti mudah-mudahan bisa keluar sebagai pemenang”, Danlanal Melonguane menambahkan.

 

Mengakhiri pernyataannya, Letkol Marinir Adi Sucipto, S.T., M.Tr.Hanla selaku pemegang tongkat komando di jajaran Lanal Melonguane mengimbau masyarakat agar menjadikan momentum peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia ini sebagai tonggak untuk perjuangan dalam memerdekakan wilayah perbatasan ini dari wabah Covid-19 yang sudah memakan korban jiwa.

 

“Ayo tetap semangat dan pantang menyerah, Tanda’su Laudu Sawanna, Benteng Kokoh di Perairan Nusa Utara!” pungkasnya.