Lantamal VI Laksanakan Donor Darah Plasma Konvalesen Kepada 92 Siswa Satdik-2 Makassar, penyintas Covid 19

 

Makassar, Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI Makassar) dalam hal ini Diskes Lantamal VI melaksanakan donor darah Plasma Konvalesen kepada para siswa Satuan Pendidikan (Satdik-2) Makassar penyintas covid-19 berjumlah 92 orang bertempat di gedung Sultan Hasanuddin Lantamal VI, Sabtu (31-01-2021).

Kegiatan donor darah Plasma Konvalesen sukarela tersebut Diskes Lantamal VI dan Satdik-2 Makassar bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kandea kota Makassar.

Saat meninjau donor darah, Dansatdik-2 Makassar Kolonel Marinir Hendro Suwito selaku Ketua Penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari Bapak Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam rangka pemenuhan ketersediaan Plasma Konvalesen di PMI.

Persyaratan utama pendonor Plasma Konvalesen (PK) para siswa Satdik-2 terlebih dahulu melaksanakan screening dan Informed Consent seleksi donor melalui Anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan Lab darah lengkap, konfirmasi golongan darah dan screening antibodi infeksi menular lewat trasfusi darah (baik HIV, Hepatitis B, Hepatitis C maupun sifilis).

Lebih lanjut Dansatdik-2 Makassar mengatakan bahwa donor Plasma Konvalesen termasuk metode imunisasi pasif yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Tindakan ini bertujuan sebagai terapi tambahan pasien Covid-19 yang berjuang untuk sembuh, di wilayah Makassar dan sekitarnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Pendonor yang lolos screening akan di buatkan jadwal untuk melaksanakan donor di PMI Kandea Kota Makassar yang hanya bisa dilaksanakan 15 orang perhari dengan waktu perorang 45 menit dengan menggunakan mesin Apheresis.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wadan Satdik-2 Makassar, Ketua PMI kota Makassar, Kadiskes Lantamal VI, Komandan Seba Satdik-2 Makassar, Komandan Seta Satdik-2 Makassar dan seluruh staf dan Bingsis serta tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) kandea Kota Makassar.