DENGAN PROKES KETAT TNI AL – LANAL BANJARMASIN LAKSANAKAN PENDISIPLINAN PPKM DI AREA PELABUHAN TRISAKTI

Banjarmasin – Bahwa dalam rangka mendukung kegiatan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat sebagai upaya memutus mata rantai serta mencegah terjadinya penyebaran peningkatan penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di Wilayah Kalimantan Selatan, sebanyak 7 Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terlibat langsung sebagai Tim Terpadu Posko PPKM bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Kota Banjarmasin, Jumat (30/07/21).

 

Tim Terpadu ini merupakan Personel gabungan dari unsur TNI AL, AD, Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pelindo III Banjarmasin dan Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) yang bertugas untuk melaksanakan pengamanan, penyekatan, pengawasan dan pengendalian terhadap perjalanan orang dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan sarana Transportasi Laut, direncanakan akan berlangsung hingga tanggal 8 Agustus 2021.

 

Selain melakukan pemeriksaan dan pengecekan rutin terhadap setiap kendaraan dan para penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan kapal, diantaranya juga harus membawa surat keterangan sudah di suntik vaksin, menunjukkan hasil Swab Polymerace Chain Reaction (PCR) atau Rapid Test Antigen resmi dari instansi kesehatan yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan.

 

Saat dimintai keterangan, ditempat terpisah Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M. Tr. Hanla. menyampaikan tujuan pelaksanaan PPKM ini guna memastikan penerapan Protokol Kesehatan yang ketat bagi pengguna Transportasi Laut sesuai dengan standar penanganan percepatan wabah Covid-19, salah satunya dengan cara membatasi kapasitas para pengunjung di area pelabuhan dan melaksanakan vaksinasi guna mendapatkan kekebalan imunitas dan terhindar dari serangan Covid-19.

 

“Kepada Prajurit TNI AL yang bertugas di lapangan nanti agar dalam penerapan pelaksanaannya tetap menjalankan sesuai prosedur yang ditentukan dan bersikap humanis, juga diperlukan kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan supaya pandemi ini cepat berakhir dan kembali pada tatanan kehidupan yang normal, mengingat penularan wabah Covid-19 di Kalimantan Selatan saat ini mengalami peningkatan”, tambah Danlanal Banjarmasin.