Atas Aksi Heroiknya,Danlanal Palu Ganjar Penghargaan Kepada Bidan Awanti

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 31 Juli 2021

Aksi heroik seorang bidan yang membantu persalinan seorang ibu di atas perahu saat gelombang laut sedang tinggi, mendapat perhatian dari TNI Angkatan Laut khususnya Lanal Palu jajaran Koarmada II.

Komandan Lanal Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting M.Tr.Hanla yang diwakili oleh Palaksa Letkol Laut (PM) Priyo Yudhono, S.H., memberikan apresiasi dan penghargaan kepada sang bidan yakni Awanti Pangas dari Puskesmas Lantibung Pulau Bangkurung Kabupaten Luwuk Banggai,pada Rabu (28/7).

Acara pemberian penghargaan dilangsungkan di Mako Pangkalan TNI AL Palu, Jln. Trans Palu-Donggala KM.12 Kelurahan Watusampu Kecamatan Ulujadi Kota Palu. Turut hadir Bupati Banggai Laut Sofyan Kaefa, S.H.,Wakil Ketua 1 DPRD Banggai Laut,
Ketua Badan Kehormatan DPRD beserta staf Pemda Banggai Laut, dan juga perwira staf Lanal Palu. Kegiatan ini juga dimonitor langsung dari Mabes TNI AL melalui sarana _video conference_. Bahkan Bidan Awanti juga sempat diwawancarai oleh reporter dari Dispenal, perihal aksi heroiknya tersebut.

Sementara itu secara terpisah Danlanal Palu mengungkapkan, bahwa Bidan Awanti pantas untuk mendapat apresiasi dan penghargaan atas keberaniannya mengambil resiko tinggi sebagai tenaga kesehatan untuk membantu masyarakat di pedalaman.
“Persalinan dikatakan beresiko tinggi dikarenakan ibu yang mengandung mengalami hipertensi, berusia 42 tahun dan merupakan kelahiran anak yang ke delapan,” ujar Marthin Luther Ginting.

Ia menambahkan dengan penghargaan dari TNI AL dalam hal ini Lanal Palu, diharapkan Bidan Awanti semakin bersemangat dalam pengabdiaannya sebagai nakes untuk menolong masyarakat di Pulau Bangkurung.

Sebagaimana banyak diberitakan oleh media setempat, Bidan Awanti meski panik tapi dengan berupaya tenang dan fokus membantu persalinan seorang ibu di atas perahu kayu dalam perjalanan proses rujukan dari Puskesmas Lantibung Pulau Bangkurung menuju ke RSUD Luwuk, ditengah kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Bidan Awanti pun menjadi viral setelah teman yang merekam aksi heroiknya tersebut mengunggah ke media sosial.

(Pen2)