ASPOTMAR DANLANTAMAL VII MENGIKUTI KONSULTASI PUBLIK REVIEW RENCANA ZONASI TNP LAUT SAWU VIA VIRTUAL

Lantamal VII – Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VII Letkol Laut (P) Gurtom Fartianto, S.E. mengikuti kegitan konsultasi publik peview rencana zonasi Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu via Virtual bertempat di Ruang kerja Aspotmar Danlantamal VII, Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kupang, NTT. Rabu (28/07/2021).

Kegitan konsultasi publik review rencana zonasi TNP Laut Sawu ini bertujuan untuk memutakhirkan informasi perkembangan kondisi lapangan saat ini maupun rencana perkembangan yang akan dilakukan baik oleh pemerintah kabupaten, kecamatan, maupun desa yang berbatasan langsung dengan TNP Laut Sawu serta menjaring berbagai masukan dari para pemangku kepentingan. Sesuai dengan Permen KP No. 31 Permen-Akap/2020 tentang pengelolaan Kawasan Konservasi,perlu penyesuaian tentang rencana pengelolaan dan zonasi TNP Laut Sawu di Prov. NTT

Pada suatu kesempatan Kepala BKKPN Kupang bapak Ikram M. Sangadji mengatakan “bahwa perubahan zonasi di wilayah TPN Laut Sawu semata-mata dilakukan tidak hanya untuk kepentingan perlindungan biota dan ekosistem pesisir namun juga untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir di wilayah TPN Laut Sawu.

 

Perubahan zonasi TPN Laut Sawu di beberapa wilayah adalah untuk mengakomodir seluruh kepentingan stakeholder, dengan tetap mempertimbangkan berbagai aspek, tidak hanya lingkungan dan biota laut, namun juga yang tak kalah penting yaitu kesejahteraan masyarakat perikanan, baik para nelayan maupun para pembudi daya rumput laut.” Jelasnya.

 

Kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE., M.M., yang menyampaikan “Jalin Soliditas dengan segenap komponen pertahanan negara dan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan”.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.