DUKUNG PERCEPATAN VAKSINASI DI JATIM, PANGKOARMADA II BERSAMA FORKOPIMDA JATIM TINJAU VAKSINASI COVID-19 DI PESANTREN SIDOARJO

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 25 Juli 2021

 

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P.,M.Tr.(Han) bersama Forkopimda Jatim, mendampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terhadap para santri di Pondok Pesantren Bumi Shalawat, Sidoarjo pada Minggu (25/7).

 

Pada Serbuan vaksinasi yang dimotori oleh Badan Intelijen Negara (BIN) ini hadir pejabat Forkopimda Jatim mendampingi Gubernur  diantaranya  Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, serta Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar yang mengatakan jika  kuota vaksin hari ini sebanyak 2.500 dosis. Untuk santri di Ponpes Bumi Shalawat 2.000 dosis, sementara untuk warga Dusun Biting Desa Suko 500 dosis. Khusus untuk warga dusun, vaksinasi akan dilakukan secara _door to door_ guna menghindari kerumunan.

Sementara  Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau vaksinasi  bagi para santri mengaku ,percepatan vaksinasi akan terus dilakukan meski harus menunggu pasokan vaksin dari pusat. Setiap vaksin dari pusat tiba, langsung dilakukan vaksinasi dan segera dihabiskan.

 

Mantan Menteri Sosial ini menuturkan, saat ini Pemprov Jatim memaksimalkan pemberian vaksinasi kepada para pekerja atau buruh, kemudian para santri di Ponpes, serta para pelajar dan mahasiswa.”Pokoknya kita ingin memaksimalkan dari seluruh sinergitas yang bisa kita bangun. Kita bangun semangat, kita sih pengennya, HUT-nya ke 76, ya kita herd immunity-nya bukan 70 tapi 76 persen,” tuturnya.

Disisi lain Pangkoarmada II mengungkapkan bila TNI AL saat ini juga gencar mengejar target terbentuknya herd immunity, khususnya  bagi masyarakat maritim di seluruh Indonesia termasuk Jawa Timur.  “Sesuai perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. kepada seluruh jajaran TNI AL, agar secara optimal membantu pemerintah daerah setempat melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat di sektor maritim,” ujar Laksda Iwan.

 

Hal ini lanjut Laksda Iwan, sudah dilaksanakan serentak  oleh Koarmada II beserta Lantamal dan Lanal- Lanal jajarannya di wilayah Jawa Timur dan menyasar pula  pulau-pulau terpencil yang ada di Jawa timur seperti Pulau Sapeken, dan menyusul Pulau  Bawean yang akan di laksanakan serbuan vaksin.

Selanjutnya dari Sidoarjo rombongan Forkopimda beralih menuju Surabaya untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di  gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Unair Surabaya. Di tempat ini, sekitar 1.200 dosis vaksin diberikan kepada mahasiswa serta Alumni  universitas kebanggaan masyarakat Jatim ini.

 

(Pen2)