Pangkoarmada II Dampingi Kasal Pantau Serbuan Vaksinasi TNI AL Dan Kesiapan Sarpras Perawatan Pasien Covid-19 Di Surabaya

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 23 Juli 2021.

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han) mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kunjungan kerja di Surabaya untuk memantau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim yang diprakarsai oleh Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) di di Bandara International T2 Juanda serta kesiapan pembangunan sarana dan prasarana TNI AL yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19, pada Kamis (22/07).

Diawali dari serbuan vaksinasi, Puspenerbal sebagai penyelenggara menargetkan 1000 orang yang tervaksin menggunakan vaksin Astrazeneca dengan sasaran prajurit dan PNS TNI AL, Tenaga kesehatan, keluarga besar TNI AL, tenaga pendidik, pelayan publik, tokoh agama dan masyarakat sekitar Juanda. Untuk para vaksinator melibatkan nakes dari Rumkital dr. Soekantyo Jahja Puspenerbal, FKPPI Jawa Timur dan Stikes Hang Tuah Surabaya serta relawan lainnya.

Usai memantau kegiatan di Juanda, Kasal melanjutkan kunkernya menuju RSPAL dr. Ramelan untuk meninjau kesiapan Gedung Sekolah Kesehatan Angkatan Laut (Sekesal) Surabaya, yang rencananya akan  dijadikan ruang penanganan pasien Covid-19 sebagai upaya TNI AL dalam hal ini RSPAL dr. Ramelan mengatasi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Jatim.

Dari RSPAL dr. Ramelan, Kasal dan rombongan bergerak menuju Mako Pangkalan Marinir (Lanmar) Surabaya, untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana (Sarpras) yang terdapat di Gedung Karang Pucung yang akan disulap menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Menurut Dankormar yang ikut mendampingi,  penggunaan fasilitas TNI AL ini dilakukan karena tidak tertampungnya pasien covid-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) dr. Ramelan  akibat meningkatnya jumlah pasien Covid-19 di Surabaya.

Renovasi pada Gedung seluas 3.200 m2 yang terdiri dari 2 lantai tersebut antara lain menyiapkan 800 tempat tidur yang dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung seperti kamar mandi, WC, tempat berjemur, wifi, ruang tenaga kesehatan, ruang IGD, ruangan bertekanan Negatif dan Ambulance. Sedangkan sasaran perawatan ini selain untuk anggota TNI AL juga untuk masarakat umum yang telah mendapatkan rujukan dari RSPAL dr. Ramelan Surabaya.

Selanjutnya Kasal menuntaskan kunjungan kerjanya di Surabaya dengan mengunjungi Koarmada II, dengan agenda meninjau proses pengisian ulang oksigen untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat dan rumah sakit yang membutuhkan akibat terjadinya kelangkaan oksigen karena lonjakan tinggi penderita Covid-19 di Indonesia.

“ Koarmada II telah menyiapkan KRI dr. Soeharso-990 sebagai depo isi ulang pengisian oksigen yang akan dilakukan secara non stop selama 24 jam, yang bersumber dari generator oksigen kapal yang memiliki kemampuan mengisi tabung ukuran 6.000 liter sebanyak 25 tabung per 24 jam, juga tabung ukuran 1.500 liter sebanyak 65 tabung per 24 jam. Rencananya Kasal akan meresmikan dimulainya bantuan tersebut bersama Gubernur Jatim yang dilangsungkan di Koarmada II, “ beber Pangkoarmada II terkait agenda kegiatan Kasal di Koarmada II.

 

(Pen2).