DANLANTAMAL VII MERESMIKAN LANAL LABUAN BAJO

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., meresmikan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo bertempat di Gedung Lanal Labuan Bajo Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Kamis(22/07/2021).

Dalam kegiatan peresmian Lanal Labuan Bajo ditandai dengan Pelantikan Komandan Lanal Labuan Bajo, pembukaan slubung Duaja Lanal Labuan Bajo, penandatanganan prasasti, penekanan tombol sirine oleh Danlantamal VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., dan pemotongan pita oleh Ketua Korcab VII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II Ny. Suwerni Kompiang Aribawa serta dilanjutkan peninjauan Mako Lanal Labuan Bajo dan peninjauan pembangunan rumah dinas prajurit dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan jaga jarak.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang di bacakan oleh Danlantamal VII menyampaikan “bahwa peresmian Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo ini, pada hakikatnya merupakan implementasi perencanaan strategis TNI Angkatan Laut dalam membangun kekuatan Sistem  Senjata  Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh. Sebagai salah satu komponen utama pertahanan Negara, TNI Angkatan laut mempunyai tugas pokok yang harus terlaksana dengan baik dimana peningkatan posal Labuan Bajo menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kelas C Labuan Bajo, diharapkan dapat mewujudkan Pangkalan TNI Angkatan Laut yang ideal guna memberikan dukungan logistik dan administrasi bagi unsur – unsur TNI Angkatan Laut yang beroperasi.”

Lebih lanjut Kasal mengatakan, peningkatan posal menjadi Lanal Labuan Bajo ini, dimaksudkan untuk merespon dinamika politik, sosial, ekonomi dan kerawanan keamanan di wilayah perairan labuan bajo, pulau Komodo. Selain itu, letak geografis Lanal Labuan Bajo juga sangat strategis karena berdekatan dengan selat sape yang merupakan salah satu selat yang sangat rawan dalam aktivitas pelayaran.

“Meskipun wilayah kerja Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo cukup luas, yang berbatasan dengan tiga kabupaten seperti kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur. Untuk itu perlu dibutuhkan koordinasi dan kerja sama yang baik dangan seluruh pemerintah daerah maupun aparat keamanan setempat agar tugas pengamanan laut dan pembinaan potensi maritim di wilayah Labuan Bajo dapat berjalan secara optimal”, Ujar Danlantamal VII dalam sambutan Kasal.

Diakhir sambutan, Kasal merintahkan kepada prajurit TNI Angkatan Laut yang bertugas di Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo untuk memperhatikan dan melaksanakan hal – hal tentang impelementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut dalam bertugas, wujudkan kinerja yang professional dalam melaksanakan  setiap tugas, jaga hubungan baik pemerintah daerah, apparat TNI – Polri dan masyarakat dimana bertugas serta hindari perbuatan yang bertentangan dengan hukum yang dapat melukai hati rakyat.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Asops Danlantamal VII, Asrena Danlantamal VII, Aslog Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal, Kapolres Manggarai Barat, Bupati Manggarai Barat, Sekda Manggarai Barat serta Pengurus Jalasenastri Korcab VII DJA II.

 

By. Dispen Lantamal VII