TNI AL – LANAL BANJARMASIN GELAR SERBUAN VAKSINASI MASYARAKAT MARITIM DI DAS BARITO

Banjarmasin – Bertempat di Pos TNI AL (Posal) Trisakti Lanal Banjarmasin, TNI AL Lanal Banjarmasin kembali menyelenggarakan kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19 gratis kepada masyarakat maritim (Pesisir), hal tersebut sebagai upaya mendukung dan mensukseskan program pemerintah RI dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi di seluruh Indonesia, Sabtu (17/07/21).

 

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, Prajurit dan Tim Vaksinator Balai Pengobatan Lanal Banjarmasin mendata serta melayani peserta yang terdaftar sebanyak 125 orang. Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa yang tervaksinasi 123 orang, Adapun yang tertunda 2 orang dikarenakan tidak lolos screening. Adapun peserta vaksinasi, terdiri dari masyarakat maritim (Pesisir) yang tinggal di bantaran DAS (Daerah Aliran Sungai) Barito, Buruh/TKBM pelabuhan, nelayan, motoris taxy klotok dan para pengguna transportasi laut lainnya.

 

Serbuan vaksinasi tersebut ditinjau dan dihadiri langsung oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla., beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini sesuai instruksi dan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang bertujuan untuk mendukung penuh upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, terutama menyasar masyarakat maritime, sehingga diharapkan seluruh masyarakat cepat beradaptasi terhadap tatanan kehidupan yang normal/baru.

 

“Jangan merasa takut ataupun khawatir dalam melindungi diri dan keluarga karena vaksin yang digunakan ini sudah aman teruji, sehat dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga imunitas tubuh. Namun demikian harus tetap wajib disiplin memperhatikan protokol kesehatan supaya terhindar dari Covid-19. Adapun kegiatan serbuan vaksinasi dilaksanakan kembali pada Minggu (18/07/21) ditempat dan waktu yang sama”, terang Danlanal Banjarmasin.

 

Sejauh ini Lanal Banjarmasin sudah melaksanakan Serbuan Vaksinasi Nasional di beberapa tempat antara lain, di Gedung Hassan Basry Mako Lanal Banjarmasin sebanyak 1058 orang, di Pelabuhan umum Trisakti Banjarmasin sebanyak 516 orang, di RS. TPT dr. R Soeharsono sebanyak 1.648 orang, di Student Activity Center (SAC) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin sebanyak 492 orang, di Duta Mall Banjarmasin sebanyak 2078 orang dan di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Desa Tabanio Kec. Takisung, Kab. Tanah Laut sebanyak 518 orang.