PANGKOARMADA II BERSAMA FORKOPIMDA JATIM PANTAU PELAYANAN ISI ULANG OKSIGEN GRATIS BAGI RUMAH SAKIT DAN WARGA

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 19 Juli 2021

Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M. Tr. (Han), bersama pejabat Forkopimda Jatim mendampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengunjungi depo isi ulang oksigen bagi warga yang isoman di UPT PPD (Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Daerah) di Jalan Pahlawan Sidoarjo Jatim, Senin(19/7).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Jatim menghimbau kepada masyarakat yang sedang mengisi ulang oksigen, agar mereka tidak henti mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M. Sementara pemerintah akan menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di seluruh wilayah Jatim.

 

Terkait pelayanan isi ulang oksigen, Gubernur Khofifah mengatakan jika oksigen akan dibagikan gratis bagi warga dan rumah sakit yang memerlukan. “Bagi yang lagi isoman mereka bisa mengisi secara gratis dan harus membawa tabung sendiri. Sehari masing -masing boleh mengisi 2 kali. Untuk RS, sudah ada sistemnya sendiri. Kami siapkan aplikasi dan call center. Jadi, silakan bawa tabung oksigen kosongnya dan bisa mendaftar. Layanan ini 24 jam, “ ungkap Khofifah.

Di sisi lain Pangkoarmada II mengungkapkan bahwa TNI AL melalui Koarmada II siap membantu Pemprov dalam pelayanan isi ulang oksigen bagi Rumah sakit dan masyarakat yang membutuhkan. “Kita (Koarmada II) siap membantu pengisian tabung oksigen yang saat ini sudah tersedia di KRI dr. Soeharso-990, dimana Oxygen Generator yang dimiliki kapal tersebut mampu mengisi oksigen murni pada tabung berkapasitas 6.000 liter dalam waktu 1 jam 40 menit. Selain itu dengan kelangkaan oksigen saat ini, maka keberadaan Oxygen Generator di KRI dr. Soeharso-990 dapat dioptimalkan untuk membantu RS. Angkatan Laut atau Rumah Sakit lainnya yang memerlukan oksigen bagi pasien Covid-19,” tandas Laksda Iwan.

 

Dan menurut Laksda Iwan, hal tersebut adalah perintah langsung Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. agar memanfaatkan fasilitas yang dimiliki TNI AL untuk membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen di tengah meluasnya penularan Covid-19 sekarang ini.

 

(Pen2)