TNI AL Laksanakan Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim di samping Isolasi Apung Covid-19 K.M. Umsini

Makassar, TNI AL (Lantamal VI Makassar) terus melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi Covid-19. Kali ini vaksinasi digelar di pelabuhan Terminal Peti Kemas Hatta Makassar. Sabtu, (17/072021)

Serbuan vaksinasi Masyarakat Maritim tersebut sengaja dilaksanakan di samping isolasi apung Covid-19, Kapal Motor (KM) Umsini yang dijadikan sebagai fasilitas Isolasi Apung Warga Makassar yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M mengatakan target sasaran serbuan vaksinasi masyarakat Maritim kali ini diselenggarakan di daerah pelabuhan yang nota bene akan menjadi jalur evakuasi lewat laut pasien terkonfirmasi Covid-19, untuk menjalani Isolasi mandiri di KM Umsini yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota Makassar.

Lebih lanjut dikatakan, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah untuk penanganan Covid-19 di Kota Makassar. TNI AL Lantamal VI menyiapkan Ambulans Laut sebagai sarana evakuasi bagi pasien Covid-19 yang akan melaksanakan Isolasi Mandiri di Kapal Umsini,

Serbuan Vaksin Masyarakat Maritim di Dermaga Hatta juga melibatkan 2 unsur kapal TNI AL, dalam hal ini Lantamal VI sangat mendukung program pemerintah yang menyediakan kapal Isolasi apung Covid-19 dengan unsur yang akan difungsikan sebagai ambulans laut antara lain ; KAL Pintar, dan Patkamla Pulau Langkai yang sudah didesain sedemikian rupa sebagai sarana evakuasi laut dengan menerapkan standar operasional prosedur dan protokol kesehatan sebagai acuan pada proses evakuasi nantinya.

Perlu diketahui Lantamal VI Makassar mulai tanggal 26 Juni 2021 sampai 16 Juli 2021 sudah menvaksin 15.727 orang. Sedangkan untuk hari ini yang tervaksin berjumlah 389 orang . semoga program pemerintah, TNI dan Polri bisa terlaksana dengan baik , ujar Danlantamal VI.

Lantamal VI bersama stakeholder Makassar dan unsur maritim Makassar melaksanakan serbuan vaksin khususnya masyarakat maritim yang di sasar adalah pelabuhan, masyarakat pantai dan kepulauan, para nelayan , pengguna jasa maritim serta beberapa tempat lainya dengan menyiapkan tenaga vaksinator sejumlah 20 orang terdiri dari 2 orang tenaga dokter, 10 orang tenaga perawat, 8 orang tenaga adminstrasi medis.

Turut hadir dalam kegiatan vaksinasi kali ini, Para Asisten Danlantamal VI, Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar,Plt. Kadis Kesehatan Kota Makassar, Dirpolairud Polda Sulsel , Kepala Kantor Kesyahbandaran Makassar, Kepala Kantor Bea & Cukai Makassar, GM Pelindo IV Cabang Makassar, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Ketua HNSI Kota Makassar,Ketua DPC Pelabuhan Rakyat Makassar, Ketua DPC INSA Kota MKS, Komandan KRI Badau- 841, Kadiskes Lantamal VI, Karumkital Jala Amari Lantamal VI. Dandenma Lantamal VI, Danyonmarhanlan VI, serta sejumlah undangan.