TNI AL KOARMADA II BERIKAN 3000 VAKSIN SINOVAC KEPADA MASYARAKAT MARITIM LAMONGAN

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 14 Juli 2021

TNI Angkatan Laut melalui Komando Armada II kembali menggelar serbuan  vaksinasi dalam skala besar kepada masyarakat maritim. Setelah sebelumnya di Pulau Sapeken, kali ini wilayah pesisir Lamongan menjadi target sasaran. Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han) bersama Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, meninjau langsung kegiatan yang dipusatkan di Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN)  Brondong, Lamongan  pada Rabu (14/7).

Tercatat sekitar 3000 orang menjadi target pemberian vaksin dengan jenis Sinovac. Jumlah tersebut terbagi dalam  6 titik di empat Kecamatan di Kabupaten Lamongan antara lain Pendopo Kecamatan Karanggeneng  dengan target  sebanyak 500 orang. Berikutnya  Pendopo Kecamatan Laren, dengan target 500 orang. Kemudian  Kecamatan Brondong, tempat Vaksinasi Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong dengan target 600 orang, dan Kantor Desa Sedayu Lawas dengan target  400 orang. Terakhir Kecamatan Paciran, tepatnya di Kantor Desa Kemantren dengan target 700 orang, dan Pondok Pesantren Maslahul Huda Paciran dengan target 300 orang.

Sementara  itu Serbuan vaksinasi tidak akan berjalan tanpa adanya vaksinator. Total ada 110 orang Vaksinator diterjunkan demi kelancaran dan keberhasilan vaksin. Mereka terdiri dari  gabungan tenaga kesehatan dari Stikes Hang Tuah Surabaya sebanyak 50 orang,  Diskes Koarmada II berjumlah  17 orang, dan Lakesla TNI AL 3 orang.  Selanjutnya 60 orang tenaga kesehatan dari  Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

 

Selain pemberian vaksin sebagai agenda utama, dalam kesempatan ini juga diberikan bantuan alat kesehatan berupa APD sebanyak 2.500 Pcs, Masker medis 200.000 Pcs,  dan alat SWAB Antigen sejumlah 2.500 set dari Provinsi Jawa Timur untuk Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan.

Pangkoarmada II dalam kesempatan ini  menyampaikan bila pelaksanaan serbuan vaksinasi ini sesuai dengan perintah Bapak Presiden Joko Widodo kepada Panglima TNI dan Kepala Staf masing-masing angkatan, untuk menjalin sinergi dengan pemerintah daerah setempat dalam upaya percepatan vaksinasi untuk melawan Covid-19, sekaligus memenuhi target pemerintah yakni 1 juta vaksin per hari.

Terkait target tersebut, Laksda Iwan mengungkapkan bahwa TNI AL siap memenuhinya.  Untuk memenuhinya TNI AL menaruh perhatian khusus kepada masyarakat maritim sebagai sasaran vaksin. Karena wilayah maritim juga menjadi pintu masuk bagi virus Covid-19 untuk berkembang. Mengingat di pelabuhan ataupun di tempat pelelangan ikan menjadi tempat berkumpulnya masyarakat maritim mencari penghidupan, dengan pemberian  vaksin terhadap masyarakat maritim diharapkan dapat memberikan benteng bagi kesehatan mereka sehingga roda perekonomian tidak terganggu.

“ Terlebih Koarmada II yang berkomitmen dan berusaha semaksimal mungkin membantu percepatan vaksinasi masyarakat di wilayah maritim. Karenanya kedepan kita akan fokus pada masyarakat di pulau-pulau yang berada dalam wilayah kerja Koarmada II, kita akan minta izin Bapak Kasal untuk menggunakan kapal perang Angkatan Laut untuk mendukung rencana tersebut,” terang Laksda Iwan.

“Sementara untuk serbuan vaksinasi di Lamongan ini diharapkan dapat menghindari kluster keluarga. Sehingga keluarga-keluarga yang ingin hidup sehat jangan takut untuk vaksin, karena vaksin bukan hal yang haram, “ pungkasnya.

 

(Pen2)