DANLANTAMAL VII PIMPIN SYUKURAN HUT KE-15 LANTAMAL VII KUPANG

Lantamal VII – Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Kupang Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., memimpin syukuran HUT ke-15 Lantamal VII Kupang, bertempat di Lobby Gedung Utama Mahapatih Gajah Mada Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kupang, Prov. NTT. Selasa (13/07/2021).

Lantamal VII Kupang, sebelumnya adalah Lantamal IX Kupang berdasarkan Keputusan Kasal Nomor Kep/09/X/2005 tanggal 25 Oktober 2005. seiring dengan perubahan Pangkalan TNI AL (Lanal) menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) maka pada tanggal 13 Juli 2006 diadakan perubahan penomoran dari barat ke timur sehingga menjadi Lantamal VII Kupang.

Keberadaan Lantamal VII Kupang di provinsi NTT sendiri memiliki nilai sangat strategis karena disamping berbatasan dengan 2 (dua) negara secara langsung yakni Republik Demokrat Timor Leste (RDTL) dan Australia, Provinsi NTT juga merupakan salah satu Provinsi kepulauan di Indonesia yang memiliki luas perairan 200.000 km2 dengan garis pantai 5.700 km² dan terdiri dari 566 pulau, 432 pulau sudah memiliki nama sedangkan 134 pulau lainnya belum memiliki nama, 42 pulau sudah berpenduduk dan selebihnya belum berpenduduk.

Dalam sambutannya Danlantamal VII Kupang Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP., mengatakan “Wilayah Kerja Lantamal VII Kupang memiliki kawasan perairan yang luas, dan terbuka langsung berhadapan dengan Samudera Hindia, Lantamal VII Kupang juga membawahi 2 (dua) Provinsi yakni Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang memiliki karakteristik, sumber daya alam hayati dan non hayati, keanekaragaman penduduk (suku, agama, ras, golongan/kelompok masyarakat) dengan berbagai tingkat keragaman budaya. Oleh karenanya setiap tanggal 13 Juli 2006 memiliki arti yang sangat penting bagi perkembangan Lantamal VII Kupang karena berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 13 Juli 2006 merupakan tonggak awal lahir dan berdirinya Lantamal VII Kupang yang kita cintai dan kita banggakan bersama”. Ungkapnya.

Diakhir acara Danlantamal VII dengan didampingi Ibu Ketua Korcab VII DJA II melaksanakan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada Perwakilan Prajurit Bintara Tinggi Peltu Keu M. Wahyu serta Tamtama Remaja KLD Mus Ardin.

Selama pelaksanakan kegiatan tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Turut hadir dalam acara tersebut : Komandan Lantamal VII, Ibu Ketua Korcab VII DJA II, Wadan Lantamal VII, Para Asisten Danlantamal VII, Dansatrol Lantamal VII, Ka Kuwil Lantamal VII, Para Kasatker, Danyonmarhanlan VII, Danpomal Lantamal VII, Danlanudal Kupang, Pengurus Jalasenastri Korcab VII DJA II, Ketua PPAL Kupang dan seluruh Prajurit Lantamal VII Kupang.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.