PANGKOARMADA II HADIRI RAKOR PENANGANAN OVERLOAD PASIEN COVID-19 DI RSPAL DR. RAMELAN

TNI AL. Koarmada II. Surabaya,  10 Juli 2021

Panglima Komando Armada II Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, SH.,M.A.P, M.Tr.(Han) menghadiri rapat koordinasi pembahasan mengenai permasalahan kondisi overload pasien covid-19 dan kekurangan tenaga kesehatan di RSPAL Dr.Ramelan Surabaya, Jumat (9/7).

Rakor tersebut juga diikuti oleh Kadiskesal Laksma TNI dr. Agus Guntoro, Sp.BS, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksma TNI dr. Radito Soesanto, Sp.THT-KL, selaku Perwira tertua kesehatan wilayah timur (Paterkes Wiltim), Direktur Stikes Hang Tuah Surabaya, Wakil Dekan FK UHT dan seluruh Kepala Fasilitas Kesehatan (Faskes) TNI Angkatan Laut wilayah Surabaya.

Kepada peserta rapat,  Pangkoarmada II menyampaikan jika Rapat koordinasi ini memiliki arti yang sangat penting dalam upaya mencari solusi terbaik, untuk memecahkan masalah kondisi overload pasien covid-19 dan kekurangan tenaga kesehatan khususnya wilayah Surabaya.

 

Lebih lanjut Pangkoarmada II mengungkapkan, dinamika sosial akibat pandemi Covid-19 saat ini sulit diprediksi terlebih saat ini kita tengah dihadapkan kasus peningkatan covid-19 yang luar biasa.

“Tidak cuma permasalahan pandemi covid-19 namun juga permasalahan kondisi rumah sakit, tenaga kesehatan, sampai ketersediaan obat-obatan. Langkah-langkah penanganan peningkatan luar biasa pandemi Covid-19 telah dilakukan. Bukan hanya di sisi hilir, di sisi rumah sakit dan penanganan orang sakit saja, namun fokus ke sisi hulu bagaimana kita mencegah agar orang yang sehat ini jangan menjadi sakit juga telah dilakukan oleh pemerintah pusat hingga daerah melalui PPKM darurat di beberapa daerah yang memiliki tingkat kerawanan yang tinggi,” tandas Laksda Iwan.

 

Ia pun berharap dari rakor ini dapat diambil langkah-langkah komprehensif sehingga tingkat efektifitas penanganan pandemi luar biasa covid-19 dapat tercapai.

 

(Pen2)