TNI AL LAKSANAKAN SERBUAN VAKSIN LANJUTAN, LANAL SANGATTA SASAR MASYARAKAT PESISIR KENYAMUKAN

SANGATTA – Lanal Sangatta kembali melanjutkan program serbuan vaksin TNI AL dengan menyasar nelayan, pekerja pelabuhan, industri jasa maritim dan masyarakat umum yang berada di sekitar Pantai Kenyamukan, Jl. KH. Abdulah, Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kab. Kutim, Prov. Kalimantan Timur, Selasa (06/07/21).

 

Ditemui langsung di lokasi vaksinasi, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi kepada masyarakat maritim yang dilakukan secara serentak pada hari ini oleh seluruh jajaran TNI AL di seluruh Indonesia. Lebih lanjut, Danlanal juga menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi kali ini, Lanal Sangatta disupport oleh KKP dan juga Dinkes Kutim. “Hari ini quota vaksin yang tersedia adalah 200 dan semua penerimanya sudah terdata, kali ini proses yang kami terapkan dalam pelaksanaan lebih ketat dari sebelumnya untuk mencegah terjadinya kerumunan dan kemungkinan penyebaran Covid-19, kegiatan vaksinasi ini dipantau langsung oleh Kasal melalui melalui sambungan video conference (vicon)”, terang Danlanal.

 

Danlanal juga menyebutkan bahwa sebelum penyelenggaraan vaksinasi hari ini, personelnya juga berupaya keras memberikan pemahaman tentang keamanan dari vaksin yang diberikan akibat masih munculnya berita hoaks yang diterima oleh masyarakat sekitar terkait vaksin. Dalam kesempatan tersebut beliau juga kembali mengingatkan kepada masyarakat, meskipun telah menerima vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan juga himbauan terkait sosial distancing. Tak lupa orang nomor 1 di Mako Lanal Sangatta tersebut juga menegaskan bahwa TNI AL akan terus berupaya maksimal membantu pemerintah dalam menyukseskan pelaksanaan program sejuta vaksin dengan memfokuskan pada masyarakat maritim.

 

“Upaya personel telah dilaksanakan dari door to door dalam memberikan pemahaman dan meluruskan berita hoaks yang beredar, alhamdulilah masyarakat dapat mengerti dan mengikuti vaksinasi. Sesuai arahan dari Kasal, kami akan terus bekerja membantu menyukseskan program vaksinasi ini, di darat kami bekerja sama dengan TNI AD dan Polres serta stakeholder terkait pelaksanaan vaksinasi dan di laut pun kami juga terus menggalakkan pencegahan dengan melakukan pendataan serta pemeriksaan bagi awak kapal ataupun masyarakat yang datang”, imbuhnya.

 

Adapun Tim Vaksinator yang terlibat meliputi, tim dari Balai Pengobatan Lanal Sangatta, tim dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) dan tim dari Dinas Kesehatan Pemda Kutim.