DANLANTAMAL XIII TARAKAN TINJAU SERBUAN VAKSIN YANG DILAKSANAKAN LANAL BALIKPAPAN DI PELABUHAN SEMAYANG

Balikpapan – Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII Trk (Danlantamal XIII) Laksamana Pertama TNI Edi Krisna Murti didampingi Aspotmar Danlantamal XIII Kolonel Mar Sabono Wantoro dan Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T. melaksanakan peninjauan serbuan vaksin untuk mendukung program 1 (satu) Juta Vaksin Perhari dari pemerintah yang dilaksanakan Lanal Balikpapan, bertempat di Pelabuhan Semayang Kota Balikpapan pada Jum’at (2/07/2021).

 

Kegiatan serbuan vaksin ini merupakan rangkaian kegiatan Serbuan Vaksin yang dilaksanakan Lanal Balikpapan dibeberapa tempat seperti Kelurahan Pantai Lango, Kelurahan Jenebora dan di Balai Kesehatan Lanal Balikpapan. Kegiatan Serbuan Vaksin di Pelabuhan Semayang pada hari ini selain dibuka untuk umum juga menargetkan para karyawan perusahaan yang beroperasi di wilayah Balikpapan khususnya perusahaan pelayaran, karena beberapa waktu yang lalu Lanal Balikpapan sudah melaksanakan target vaksinasi nelayan, masyarakat umum, TKBM serta petugas pelabuhan.

 

Dalam kegiatan wawancara dengan media, Danlantamal XIII menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan Lanal Balikpapan hari ini memang dikhususkan untuk para karyawan perusahaan terutama pelayaran dan juga untuk umum, ini dianggap penting mengingat orang orang yang bekerja di pelayaran adalah orang orang yang sangat rentan penularan virus Covid-19, ini karena mereka bekerja setiap hari dan berinteraksi dengan orang lain dari berbagai daerah. Pelabuhan Semayang merupakan tempat yang tepat karena merupakan salah satu jalur keluar masuknya para pendatang dari luar Kaltim. selain itu Danlantamal XIII juga mengatakan bahwa program Serbuan 1 Juta Vaksin Perhari ini harus disikapi dengan segera karena merupakan perintah dari pemerintah pusat untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 agar tidak meluas.

 

Adapun tim kesehatan yang melaksanakan kegiatan vaksinasi adalah tim kesehatan dari Balai Kesehatan Lanal Balikpapan yang dipimpin Ketua Tim Lettu Laut (K) dr M. Ridwan dengan dibantu 8 personel kesehatan dan terbagi menjadi 3 tahapan proses vaksinasi yaitu pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, vaksinasi dan yang terakhir penyerahan sertifikat.

Danlantamal XIII Laksma TNI Edi Krisna Murti didampingi Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Siswo Widodo, S.T. juga menyempatkan menyerahkan secara langsung sertifikat vaksin kepada penerima vaksin dan juga berkeliling menyapa dan berinteraksi dengan para penerima vaksin.

 

Kegiatan serbuan Vaksin ini dilaksanakan pada pukul 08.00 WITA sampai dengan 14.00 WITA. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Pasops Lanal Balikpapan Mayor Laut (P) Syaiful Ali, Dandenpomal Mayor Laut (PM) Untung, Pasintel Lanal Balikpapan Mayor Laut (S) Arfin , Danunit Intel Lanal Balikpapan Lettu Mar Arif Simamora.