TNI AL LAKUKAN SERBUAN VAKSIN KEPADA MASYARAKAT MARITIM

Manado 29 Juni 2021,….Setelah serbuan vaksinasi Covid-19 di desa-desa pesisir, kembali TNI AL menggelar kegiatan yang sama di Pelabuhan Samudra Bitung. Serbuan vaksinasi Covid-19 tersebut dilaksanakan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VIII bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bitung, KSOP Pelabuhan Bitung, KKP Bitung. Selasa (29/6).

Pelaksanaan serbuan vaksin kepada masyarakat maritim tersebut sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., sekaligus melaksanakan program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Komandan Lantamal VIII (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Wayan Ariwijaya, S.E., CFrA., pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa TNI AL bekerjasama dengan Pemkot Bitung, KSOP, KKP, Pelindo serta TNI-Polri melaksanakan serbuan vaksinasi terhadap masyarakat maritim yang berada di pelabuhan dan sekitarnya, termasuk pelaku-pelaku kegiatan, penumpang serta siapapun yang berkunjung ke pelabuhan ini.

Lebih lanjut Danlantamal VIII mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan serbuan vaksin ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu juga mengansipasi penyebaran varian baru yang dibeberapa daerah pertambahan kasusnya cukup tinggi, sehingga kita laksanakan vaksinasi segera di Pelabuhan Bitung ini, ujar Danlantamal VIII.

 

Pada kesempatan tersebut Danlantamal VIII menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi serta menjalankan protokol kesehatan diantaranya dengan memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan air mengalir agar Covid-19 ini segera berakhir.

Kegiatan serbuan vaksinasi yang di lakukan TNI AL disambut dengan antusias yang cukup tinggi, hal ini terlihat dari banyaknya antrian masyarkat mulai dari tenaga kerja bongkar muat, para pekerja pelabuhan, pedagang dan masyarakat umum untuk mendapatkan formulir vaksinasi.

 

Serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim ini melibatkan tenaga kesehatan/vaksinator masing-masing tiga tim dari Rumah Sakit TNI AL dr. Wahyu Slamet Bitung, dua tim dari Dinas Kesehataan Pemkot Bitung dan satu tim dari KKP Bitung dengan target 2.000 dosis vaksin.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar, Aspers Danlantamal VIII, Komandan Satrol Lantamal VIII, Karumkit dr. Wahyu Slamet Bitung, Danyonmarhanlan VIII Bitung, Kepala KSOP Bitung, GM Pelindo dan GM Pelni.