PANGKOARMADA II IKUTI PENINJAUAN SERBUAN VAKSIN DI PELABUHAN TANJUNG EMAS

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 24 Juni 2021

Bersama Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., Panglima Koarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P., M.Tr.(Han) ikut serta meninjau pelaksanaan Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Umum Tanjung Emas Semarang, Kamis (24/6).

Kasal yang mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menyampaikan jika sebelumnya telah dilaksanakan serbuan vaksin di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta. Selanjutnya juga akan dilaksanakan di beberapa pelabuhan internasional dan nasional lainnya.

 

“Karena memang kita ketahui jika pelabuhan adalah sentra ekonomi, didalam pelabuhan tersebut banyak terdapat pekerja mulai dari aparator Pelabuhan hingga tenaga bongkar muat yang vital keberadaannya sehingga perlu kita divaksin. Dengan demikian sentra perekonomian di pelabuhan tidak sampai berhenti, dan semua pekerja dalam kondisi sehat, “ jelas Kasal.

Kasal melanjutkan jika vaksinasi akan dilaksanakan di 100 titik di seluruh Indonesia. Dan ini merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan, TNI-Polri, BNPB, dan pemerintah daerah dengan harapan dapat mempercepat pencapaian herd immunity dan dapat terwujud program pemerintah menuju Indonesia sehat dan bebas Covid-19.

 

Sementara itu kedatangan Kasal beserta rombongan di terminal penumpang Tanjung Emas, disambut oleh Danlanal Semarang Kolonel Laut (P) Nazarudin dan Kepala Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang Ibu Ariyanti.

Pada saat peninjauan, Kasal menanyakan kepada petugas vaksin selama pelaksanaan terdapat kendala apa tidak. Kasal juga berharap program vaksinasi nasional dengan target 1 juta perhari dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

 “Dengan melonjaknya kasus Covid-19 yang masih melanda di Indonesia, masyarakat diminta  untuk lebih disiplin  menerapkan protokol kesehatan sebagai kebutuhan utama dengan selalu menggunakan masker, menjaga  jarak dan mencuci tangan,” tandas Kasal.

Dalam pelaksanaan serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, TNI AL melibatkan puluhan vaksinator dari Lanal Semarang, Lanal Tegal, dan Lanal Jogja. Disamping itu juga dari Kesdam IV/Diponegoro dan Kantor Kesehatan Pelabuhan.

 (Pen2)