KADISKUM LANTAMAL VII MENGIKUTI SUS KEANKUMAN DAN KEPAPERAAN TA. 2021

Lantamal VII – Kepala Dinas Hukum (Kasiskum) Lantamal VII Mayor Laut (KH) Jimrifes Bawata, S.H., mengikuti kursus Keankuman dan Kepaperaan TA. 2021 oleh Diskum TNI AL melalui video conference (Vicon), bertempat di ruang kerja Kadiskum Lantamal VII, Mako Lantamal VII, Jl. Supul Raya, Bolok, Kota Kupang, Prov. NTT. Senin (21/06/2021).

Pembukaan kursus Keankuman dan Kepaperaan TA. 2021 oleh Sekdisdikal Kolonel Laut (KH) DR. Sudardi, S.H., MM, MTr. Opsla, CRFA, CHRMP, dihadiri oleh Ksd Kumdang Diskumal, Ksd Kumlater Diskumal, Ksd Kermajian Diskumal dan Ksd Dargakkum Diskumal serta para peserta Kursus Keankuman dan Kepaperaan TA. 2021.

 

Pelaksanaan kursus Keankuman dan Kepaperaan TA. 2021 sebagai Fungsi Komando bagi para Ankum dan Pejabat Pers adalah suatu keharusan untuk meningkatkan pengetahuan tentang hukum di lingkungan TNI AL khususnya dan TNI pada umumnya, untuk mengoptimalkan fungsi hukum dalam mendukung pelaksanaan tugas satuan di lingkungan Angkatan Laut ke depan.

 

Hal ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan pemahaman para Komandan, baik dalam kapasitasnya sebagai Atasan yang Berhak menghukum (Ankum) maupun selaku Perwira Penyerah Perkara (Papera) serta staf yang menjabat sebagai pejabat personel, dalam menangani berbagai permasalah hukum yang terjadi di satuannya dengan berpedoman pada hukum yang berlaku.

Selama pelaksanaan kursus sebagai Fungsi Komando para peserta kursus akan mendapatkan materi-materi hukum yang bersifat aplikatif bagi kepentingan pembinaan satuan, Kaidah-kaidah Hukum Disiplin, Hukum Administrasi dan hukum Pidana serta kaidah hukum lainnya yang relevan dalam penugasan akan dipadukan dengan penyegaran kembali terhadap aspek-aspek filosofis dan sosiologis kemiliteran tentang Pentingnya Hukum bagi prajurit, pertanggungjawaban Komando Keankuman dan Kepaperaan.

 

Kegiatan tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan “Bangun Sumber Daya Manusia yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.