65 Pemuda Calon Taruna/Taruni AAL Panda Surabaya Lolos Ke Seleksi Tingkat Pusat

TNI AL. Koarmada II, Surabaya 18 Juni 2021.

Sebanyak 65 Calon Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) akan diberangkatkan dari Surabaya menuju seleksi tahap selanjutnya di tingkat pusat. Para calon tersebut telah lulus dalam Sidang Komisi Pantukhir Daerah, Panitia Daerah Lantamal V, yang dipimpin oleh Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr (Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP., Kamis (17/06) di Gedung serbaguna Mako Lantamal V, Perak Surabaya. 

Para pemuda yang terpilih mewakili Surabaya ini, nantinya akan bersaing dengan para calon Kadet AAL dari seluruh Indonesia di tingkat pusat yang akan digelar di Lapetal Malang. Pada penerimaan calon Taruna/Taruni AAL tahun 2021 ini, animo masyarakat yang mendaftar dari wilayah Surabaya Kota dan sekitarnya mencapai 911 orang pendaftar bagi Taruna dan 125 orang Pendaftar sebagai Taruni.

 

Hingga tahap sidang Komisi Pantukhir Daerah, para calon tersebut telah melalui berbagai seleksi yang panjang mulai dari tes kesehatan I dan II, tes psikologi I dan II, tes mental ideologi, tes Kesamaptaan Jasmani, hingga tes Administrasi dimana seluruh proses tersebut dilaksankaan secara ketat dan tanpa biaya. 

 

“ Pendidikan pertama perwira melalui Akademi Angkatan Laut yang bertujuan mendidik dan membekali Taruna untuk menjadi Perwira TNI AL yang berjiwa prajurit, pejuang Sapta Marga yang memiliki kesemaptaan jasmani, profesionalisme matra laut, serta mampu mengembangkan pribadi sebagai kader pemimpin TNI AL, diperlukan calon-calon yang memenuhi syarat dari berbagai aspek, mulai dari aspek psikologi, kesehatan, serta mental”, tegas Komandan Lantamal V saat membuka sidang tersebut. 

Ditempat terpisah Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr (Han) berharap dari 65 peserta yang diberangkatkan tidak ada yang kembali dan dinyatakan layak untuk mengikuti pendidikan Taruna/Taruni di AAL nantinya.

 

(Pen2).