KOMANDAN LANAL SANGATTA SAMBANGI DESA PULAU MIANG

SANGATTA – Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi didampingi Ketua Cabang 6 Korcab XIII DJA II Ny. Gema I Komang Nurhadi, menyambangi Desa pulau Miang, Kec. Sangkulirang, Kutai Timur (Kutim) dalam rangka melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar), Senin (14/06/21).

 

Dalam kesempatan tersebut, terdapat 305 paket sembako yang dibagikan kepada semua warga Pulau Miang yang menghadiri kegiatan, membagikan bantuan satu set komputer dan buku-buku bacaan untuk perpustakaan desa serta membagikan obat-obatan untuk puskesmas pembantu.

 

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka  pemberdayaan wilayah pertahanan Laut (Dawilhanla) TNI-AL 2021 yang bertujuan untuk mendukung Program Nasional Kampung Bahari Nusantara (KBN). Kegiatan itu juga dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kutim diantaranya, Dinas Litbang, Diskominfo, Dinas Kesehatan (Diskes), Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Camat Sangkulirang, Danramil Sangkulirang, Kapolsek Sangkulirang, perwakilan PT GAM dan PT Indexim, dan Pengurus Koperasi BEM Kota Bontang dan masyarakat nelayan yang meliputi, nelayan Desa Kenyamukan, Desa Bual-bual, Desa Maloy dan Pulau Miang.

 

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi mengatakan, Komsosmar dilakukan untuk membina masyarakat di wilayah-wilayah pesisir. Beliau juga menginstruksikan jajarannya agar lebih peduli kepada masyarakat. “Khususnya masyarakat di wilayah pesisir, kepedulian kepada masyarakat harus ditingkatkan. Ini juga merupakan program ketahanan pangan segala bidang, termasuk budidaya ikan dan terumbu karang di wilayah Lanal Sangatta”, jelasnya.

 

Danlanal Sangatta juga menggelar diskusi Komsosmar dengan masyarakat setempat beserta para peserta yang hadir dengan materi diskusi dan pemateri yang berbeda. misalnya, materi transplantasi terumbu karang yang disampaikan Dosen Stipper, Omegawati Simorangkir. Materi Keamanan Laut (Kamla) disampaikan Pasops Lanal Sangatta Lettu Laut (P) Gunawan Prasetyo Indaryanto. Materi bela negara disampaikan Palaksa Lanal Sangatta Mayor Laut (P) Herwanto. Materi mengenai Kerambah Jaring Apung (KJA) disampaikan oleh Ketua Koperasi Benua Etam Mandiri (BEM) Kota Bontang Bapak Mukhtar. Serta materi budi daya ikan dan pengolahan hasil laut disampaikan Fitriullah dari Dinas Kelautan Dan Perikanan Kutim. “Banyak materi lain yang disampaikan, semuanya untuk kepentingan masyarakat,” tuturnya.

 

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.