DANSATROL LANTAMAL XIII IKUTI PENYULUHAN KESELAMATAN DAN KEAMANAN PELAYARAN KAPAL CEPAT

Tarakan – KSOP Kelas lll Tarakan menyelenggarakan Penyuluhan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Kapal Cepat yang dipimpin oleh Kepala KSOP Kelas lll Tarakan Bapak Capt. M. Hermawan, S.SIT., M.M., M.Ma. dan diikuti Dansatrol Lantamal XIII Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla., unsur Maritim Tarakan serta Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan-Kaltara.

 

Dalam penyampaiannya Dansatrol menegaskan tentang pentingnya penyelarasan kerjasama dan sinergitas antara petugas yang berwenang serta pelaku di lapangan mengenai aturan-aturan yang telah ditentukan dan disepakati bersama sehingga dapat dilaksanakan serta diterapkan secara maksimal, memberikan penyuluhan serta operasi terpadu untuk keamanan dan keselamatan pelayaran, Selasa (15/06/21).

 

Kesimpulan dari penyuluhan tersebut antara lain, sosialisasi Penyuluhan Keamanan dan Keselamatan Pelayaran oleh KSOP dilatar belakangi kejadian kecelakaan laut terhadap SB. Ryan yang mengakibatkan 6 (enam) orang meninggal dunia dan tindak lanjut rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Dirpolairud Polda Kaltara, bahwa keamanan dan keselamatan pelayaran merupakan usaha bersama baik instansi pemerintah yang berwenang, pemilik usaha penyeberangan dan masyarakat pengguna jasa laut serta perlunya pengawasan terhadap kedisiplinan pihak pemilik usaha penyeberangan, nahkoda, ABK dan calon penumpang dalam mematuhi aturan keamanan dan keselamatan pelayaran.

 

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.