SATROL LANTAMAL XIII BANTU PENCARIAN ORANG HILANG DI LAUT

Tarakan – Pencarian dan Penyelamatan oleh Tim SAR Gabungan pada hari kedua akhirnya berhasil menemukan korban a.n. Ilyas (42) dalam keadaan meninggal dunia diposisi Tg. Buka (Selatan Pulau Tarakan). Evakuasi terhadap korban oleh Tim SAR Gabungan dilakukan dengan menggunakan Searider Satrol Lantamal XIII menuju dermaga kayu Sabindo Pelabuhan Tengkayu 2 Tarakan untuk diserahkan kepada kelurganya di Jembatan Bongko RT. 30, Minggu (13/06/21).

 

Korban sebelumnya dilaporkan hilang oleh keluarganya ke  Basarnas Tarakan pada hari Sabtu, 12 Juni 2021 setelah speed yang digunakan untuk mencari ikan ditemukan dalam keadaan kosong oleh nelayan sekitar pada posisi KL 15 NM dari P. Tarakan. Dari hasil koordinasi dengan Basarnas, Dansatrol Lantamal XIII Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr. Hanla. memerintahkan Komandan Searider untuk membantu melaksanakan pencarian korban.

 

Dansatrol menegaskan, SAR merupakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dan kegiatan SAR mendapat perhatian khusus dari Danlantamal XIII. Dalam beberapa kesempatan beliau selalu menekankan perintah pimpinan TNI AL agar memanfaatkan potensi yang kita miliki untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan baik personel maupun materiil sehingga keberadaan kita dimanapun harus dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar.

 

Dispen Lantamal XIII, Koarmada II.