LANAL PULAU ROTE LAKSANAKAN UJI TERAMPIL GLAGASPUR P1/P2

Lantamal VII – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote laksanakan uji terampil gladi tugas tempur (Glagaspur) P1/P2. bertempat di Markas Komando (Mako) Lanal Pulau Rote, Desa Deranitan, Kec. Rote Barat Daya, Kab. Rote Ndao, Prov. NTT. Jumat (11/06/2021).

Kegiatan yang dilaksankaan selama 3 (tiga) hari oleh Tim Uji Kolat Koarmada II yang dipimpin oleh Letkol Marinir Akhmad Mukhroji. S.Pd.M.A.P. (Wakatim) beserta 6 Anggota Penguji.

Adapun materi yang diujikan meliputi uji tulis, PBB, PDD Khas, Bongkar Pasang Senjata, Peluit, Tali Temali, Menembak Laras Panjang dan Pistol, Persemayaman dan Pemakaman, Renang Militer, Evakuasi Medis, PHH serta Penindakan Huru-hara, Jajar Kehormatan, Hanla dan Penanggulangan Kebakaran, Sabotase.

Dalam suatu kesempatan Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif SE, M.Tr. Hanla mengatakan  “Bahwa Uji Terampil Glagaspur Tingkat I/P1 dititik beratkan kepada kesiapan perorangan dan kelompok didalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing dalam melaksanakan tugas. Sedangkan Uji Terampil Glagaspur Tingkat II/P2 merupakan kesiapan pangkalan dalam melaksanakan tugas yang dilaksanakan bersama-sama baik secara teknis maupun taktis sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi, melalui upaya pengukuran tingkat kesiapan dan profesi tentunya akan dapat menentukan tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan serta meningkatkan tingkat kesiapan operasional satuan. Hal tersebut juga untuk dijadikan dasar penilaian oleh pimpinan TNI AL tentang peningkatan profesionalisme prajurit guna menghadapi tugas mendatang yang semakin kompleks dan dinamis.” Tegas kesempatan Komandan Lanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Anis Latif SE, M.Tr. Hanla.

Kegiatan penyumpahan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam kutipan menyampaikan “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan professional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.