KADISPOTMAR LANTAMAL VII HADIRI PELATIHAN PENGEMBANGAN KLASTER SAPI

Lantamal VII – Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal VII Letkol Marinir Bire Petrus Daniel Radjapono menghadiri kegiatan pelatihan pengembangan klaster sapi, bertempat di Koperasi Klaster Sapi Noetnana, Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Prov. NTT. Jumat (11/06/2021).

Sektor peternakan dan pertanian merupakan sektor pendorong perekonomian Provinsi Nusa Tenggara, kedua sektor tersebut memberi andil sekitar 29 persen dari keseluruhan kondisi ekonomi di NTT.

Tujuan pelatihan yakni memperkuat SDM pelaku usaha penggemukan dan pembibitan sapi tentang manajemen pakan ternak dan reproduksi kesehatan sapi, agar produksinya terus meningkat. Fokus pelatihan adalah memperkuat pengetahuan dan keterampilan pelaku usaha sapi untuk meningkatkan produktivitas sapi (meningkatkan  angka kelahiran, menurunkan angka kematian pedet/anak sapi dan meningkatkan pertambahan/pertumbuhan berat badan sapi).

Klaster Sapi Noetnana dan Sehati adalah salah satu klaster sapi di Kota Kupang. Klaster sapi ini berada di bawah asuhan dua kelompok tani yakni Kelompok Tani Noetnana dan Kelompok Tani Sehati. Jenis usaha dari kelompok ini adalah penggemukan sapi integrasi, serta pertanian (hortikultura, padi, dan jagung).

Dalam suatu kesempatan Kadispotmar Lantamal VII Letkol Marinir Bire Petrus Daniel Radjapono mengatakan “Kalau kita bisa kembangkan sektor peternakan dengan baik, maka sejahtera petani/peternak kita. Kelompok ini sangat luar biasa. Nanti kita jadikan pusat pendidikan pertanian dan peternakan secara integrasi di sini, sehingga semua orang bisa belajar dari sini,” ungkap Letkol Marinir Bire Petrus Daniel Radjapono.

 

Acara di akhiri dengan foto bersama, Panen padi dan melon, Peninjauan peternakan sapi serta lahan pakan ternak sapi.

 

Kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam kutipan menyampaikan “Jalin Soliditas dengan segenap komponen pertahanan negaradan keamanan negara menuju sinegritas dalam kesemestaan”.

Hadir dalam kegiatan Kepala kantor perwakilan BI Prov. NTT, Kepala dinas Peternakan Prov. NTT, Kepala dinas Kota Kupang, Perwakilan Mitra Bank BRI, Kadispotmar Lantamal VII, Palaksa Denma Lantamal VII dan Perwakilan kelompok tani wilayah Kota Kupang.

 

 

By. Dispen Lantamal VII.